5 Spot Diving Terbaik di Sumbawa, Bikin Model Kelly Tandiono Jatuh Cinta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 408 2287803 5-spot-diving-terbaik-di-sumbawa-bikin-model-kelly-tandiono-jatuh-cinta-14RrN3Q1W2.jpg Kelly Tandiono menikmati alam bawah laut Pulau Sumbawa (Instagram @kelly_tandiono)

SELAIN bersepeda, model multitalenta Kelly Tandiono diketahui sedang keranjingan diving. Selama pandemi Covid-19, Kelly bahkan telah menjajal sejumlah spot diving terbaik di Indonesia.

Mengintip akun Instagram @kelly_tandiono, Kelly bertamasya di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), setelah sempat menikmati momen liburan singkat di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggar Timur. Hal ini terlihat dari unggahan terbarunya.

Baca juga: Pesona Love Lagoon di Raja Ampat, Telaga Biru Berbentuk Hati

Kelly memamerkan keseruannya saat sedang free diving di salah satu perairan di Sumbawa.

Di foto itu, keindahan bahari Sumbawa memang terpampang jelas dengan hiasan coral dan terumbu karang yang masih terlihat asri dan cantik. Menyadari keindahan bahari yang dimiliki Indonesia, Kelly pun menuliskan sebuah caption khusus yang ditujukan kepada para followersnya.

"Kita semua bisa membuat perbedaan. Bersama kita bisa membuat perubahan. Lindungan laut kita!," tulis Kelly Tandiono.

Nah, bicara soal keindahan bahari Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Termasuk Sumbawa yang dikenal sebagai salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia.

Dikutip Okezone dari Dive The World, sedikitnya ada 5 spot diving menakjubkan di Sumbawa, sebagai berikut :

Angel Reef

Terletak tepat di sebelah selatan Panjang Ref, Angel Reef menawarkan pemandangan terumbu karang yang masih sehat dan terlindung, tepi pantai yang cantik, serta dinding vertikal yang dengan kedalaman lebih dari 40 meter. Wisatawan bisa menyelam secara perlahan menuruni tepian curam melalui bagian atas tembok.

Di tempat ini, wisatawan dapat melihat kumpulan ikan triggerfish bergigi merah yang besar dengan tampilan mengesankan. Selain itu ada juga ikan bannerfish sirip panjang dan batfish bulat.

Panjang Reef 

Panjang Reef terletak tepat di depan desa nelayan kecil di pesisir Moyo. Spot diving di tempat ini relatif dekat karena hanya berjarak 1 km dari pesisir pantai. Tapi jangan salah, keindahan bawah laut Panjang Reef juga sangat memikat.

Di sini wisatawan akan dimanjakan oleh deretan terumbu karang berwarna-warni seperti pelangi, lalu menyaksikan beberapa jenis ikan cantik seperti angelfish dua warna, angelfish 6-banded, damsels perut kuning, dan harlequin sweetlips.

Baca juga: Pulau Failonga, Surga Snorkeling di Tidore yang Indahnya Kebangetan!

Pulau Sangean

Terletak 45 km di timur laut Kota Bima, Sangeang adalah pulau vulkanik kecil dan aktif yang menyuguhkan pemandangan spektakuler. Di sini, wisatawan dapat dengan mudah melihat punggung lava mengalir di bawah laut yang agak curam.

Pulau Satonda

Satonda merupakan sebuah pulau kecil dengan danau air tawar besar di tengahnya. Lokasi pulau ini berada di lepas pantai utara Sumbawa tengah. 

Satonda cukup dikenal karena menjadi rumah bagi koloni besar kelelawar buah. Setiap malam saat matahari terbenam, kelelawar ini bangun dari tidur siangnya dan meninggalkan pulau untuk mencari makanan.

Untuk keindahan baharinya, Satonda ternyata punya keunikan tersendiri. Teluk kecil di pulau ini merupakan spot ideal untuk melakukan penyelaman di malm hari. Biasanya, Satonda disinggahi oleh para wisatawan dari Bali yang dalam perjalanan menuju Komodo. 

Bila beruntung, wisatawan bisa melihat clown frogfish yang sangat langka. Ukurannya sangat kecil sekitar satu inci saja. Makhluk berbentuk agak aneh ini berwarna kuning cerah dengan bercak merah tua. Sayangnya, mereka cenderung kurang aktif bergerak dan lebih senang bersembunyi dibalik terumbu karang. Wisatawan harus benar-benar jeli untuk menemukannya.

Tanjung Bautputih 

Tanjung Bautputih juga sering menjadi titik pemberhentian dalam perjalanan kapal dari Bali menuju Komodo. Lokasinya berada pantai utara Pulau Sumbawa, atau 5 kilometer sebelah timur dari pintu masuk pelabuhan Bima. Ciri khas spot diving di tempat ini memiliki terumbu karang tepi yang dangkal hingga kedalaman 20 meter, kemudian dinding drop-off hingga 40 meter.

Tanjung Bautputih memiliki dua jenis ikan endemik yakni, angelfish dua warna biru dan emas, dan angelfish Lamarck. Mereka sering bermain di balik terumbu karang berwarna-warni.

Selain itu, di tepi drop-off, wisatawan memiliki peluang emas untuk melihat pari elang berukuran 2 meter atau hiu white tip yang sangat mengagumkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini