4 Air Terjun Populer di Karanganyar, Pesonanya Bikin Hati Adem

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 408 2287973 4-air-terjun-populer-di-karanganyar-pesonanya-bikin-hati-adem-VcWeaApgGb.jpg Air Terjun Grojogan Sewu di lerang Gunung Lawu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Okezone.com/Salman Mardira)

KARANGANYAR memiliki berbagai objek wisata terutama bertemakan alam dan sejarah. Gunung Lawu salah satu destinasi andalan kabupaten di Jawa Tengah ini. Gunung setinggi 3.265 meter ini bukan hanya elok pesona alamnya, tapi cerita misteri di baliknya juga menarik bagi wisatawan.

 Baca juga: 4 Air Terjun Spektakuler, Nomor 2 Tempat Syuting Film Bollywood

Karanganyar juga punya wisata air terjun yang bisa menjadi pilihan bagi penyuka wisata alam. Berikut 4 wisata air terjun terpopuler di Karanganyar :

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Air terjun utama tingginya sekitar 81 meter. Tapi, ada juga air terjun lain yang lebih rendah dengan pancurannya meluas dan bercabang. Volume airnya akan sangat deras saat di musim penghujan.

Untuk akses masuk ke area air terjun Anda harus melewati banyak anak tangga. Tak perlu khawatir, karena disepanjang tangga terdapat banyak saung yang bisa digunakan untuk beristirahat. Pemandangan yang disajikan pun sangat asri, pepohonan hijau dan kera-kera jinak yang akan menemani perjalanan Anda menuju air terjun utama ini.

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang, taman binatang hutan, tempat istirahat, penyewaan kuda, kios makanan dan cenderamata, musala, toilet hingga banyak parkiran tersedia di tempat ini. Makanan khas yang biasa disantap sambil menikmati suasana sejuk di sini adalah sate kelinci.

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar menyajikan pemandangan eksotis dengan bukit dan pepohonan. Selain itu, tersedia juga arena bermain, kolam renang anak, kedai makanan dan oleh-oleh. Anda bisa berwisata dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

3. Air Terjun Jurang Sundo

Air terjun di Desa Nglurah, Tawangmangu ini juga tak kalah indah. Banyak spot foto menarik di sini. Lokasi air terjun ini masih bersih dan nyaman, karena pengunjungnya tak seramai air terjun lain di Karanganyar. 

4. Air Terjun Parang Ijo 

Air Terjun Parang Ijo tepatnya di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso.

Selain air terjun, daya tarik utama tempat ini adalah adanya taman dengan pemandangan hijau yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman. Pemandangan yang menyegarkan mata ini menjadi salah satu spot foto yang populer. Ada juga parit kecil dengan airnya yang begitu jernih. Parit ini ada di sepanjang jalan menuju arah Air Terjun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini