Kecanduan Botok Yuyu, Kuliner Khas Grobogan

Faradilla Rachman, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 301 2288183 kecanduan-botok-yuyu-kuliner-khas-grobogan-Jo53xunWtD.jpg Kuliner botok yuyu dan sayur lompong. (Foto: YouTube Official iNews SMG)

TRAVELING ke Grobogan jangan sampai melewatkan kuliner botok yuyu atau kepiting air. Cita rasanya gurih, asin dan pedas, sehingga mampu menggoyang lidah.

Botok yuyu biasanya dipadukan dengan nasi jagung dan sayur daun lompong atau talas. Meskipun terbuat dari Kepiting, jangan berpikir makanan ini tinggi kolesterol lho, Okezoners. Justru makanan tersebut rendah kolesterol sehingga aman dimakan siapa saja.

Di Kecamatan Purwodadi, Desa Danyang, Grobogan terdapat sebuah warung makan Botok Yuyu milik Harsiti. Setiap hari warung makan ini selalu ramai oleh pengunjung dari berbagai kota.

Warung makan yang menyajikan berbagai menu makanan ini sudah berdiri sejak 2001 silam. Menu utama warung makan ini adalah berbahan dasar kepiting air atau yuyu.

Baca Juga: Objek Wisata Api Abadi Mrapen Padam Sepekan Terakhir

Bahkan warung ini juga memiliki pelanggan setia selama 19 tahun. Sepertinya memang sudah terkenal kelezatannya, ya.

Salah satu pengunjung setia warung Harsiti, Sutrisno, mengaku sudah kecanduan dengan rasa botok yuyu sejak awal berdiri. Dalam sehari ia bisa menyantap 4 sampai 5 bungkus botok yuyu. Wah sepertinya bikin nagih banget nih.

botok

“Jadi pelanggan sudah lebih dari 10 tahun. Andalan rumah makan Harsiti ini botok yuyunya luar biasa. Rasa, bumbu dan kenalannya dapat, botok yuyu akan lebih nikmat jika di kombinasikan dengan lemi dan sayur yuyu, terus ditambah dengan peyek yuyu,” ujar Sutrisno, dilansir Okezone dari YouTube Official iNews SMG.

 

Pemilik warung, Harsiti, mengatakan, botok yuyu menjadi menu paling favorit yang selalu diburu para pengunjung. Selain itu, kepiting ini diolah menjadi beberapa macam olahan seperti peyek dan pepes yuyu. 

“Sudah buka sejak 2001, pelanggannya sudah cukup banyak. Nasi jagung paling diminati sama sayur lompong pakai lemi botok yuyu dan peyek itu khas di sin,” jelas Harsiti.

 harsiti

Harsiti memang selalu menyediakan kepiting segar setiap hari. Bahkan dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 300 ekor kepiting, yang dikirim dari pemasok.

Untuk menikmati seporsi kuliner Grobogan ini, Anda akan merogoh kocek Rp15 ribu. Omset dalam sehari pun bisa mencapai Rp3 juta. Dengan berjualan botok yuyu di Grobogan ini, Harsiti sudah bisa merekrut karyawan untuk membantunya melayani pembeli.

Nah, itu dia seputar tentang warung makan botok yuyu miliki Harsiti di Grobogan. Jika kamu berkunjung ke Grobogan, jangan lupa mencicipi lezatnya botok yuyu ya, Okezoners.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini