World Animal Day, Yuk Tur ke 7 Kebun Binatang di Indonesia

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 408 2288273 world-animal-day-yuk-tur-ke-7-kebun-binatang-di-indonesia-OadJFVDaMY.jpg Ragunan Zoo. (Foto: Okezone/Arif)

PERIBAHASA ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’ tidak hanya berlaku sesama manusia, namun juga berlaku kepada binatang. Ada banyak cara untuk mulai menyayangi satwa, salah satunya berwisata di kebun binatang.

Kebun binatang merupakan salah satu tempat rekreasi yang paling banyak diminati masyarakat. Di Indonesia ada banyak kebun binatang yang sangat terkenal.

Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang berfungsi sebagai tempat edukasi, penelitian, dan tempat konservasi untuk satwa yang terancam punah. Traveler pun bakal suka jalan-jalan ke kebun binatang, apalagi jika mengajak anak-anak.

Bertepatan dengan World Animal Day, Okezone akan mengulas 7 kebun binatang paling tekenal di Indonesia. Apa saja ya?

Taman Margasatwa Ragunan

ragunan

Kebun binatang yang terletak di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini didirikan pada tahun 1864. Objek wisata ini merupakan kebun binatang pertama di Indonesia.

Lingkungannya seperti sebuah hutan tropis mini karena di dalamnya terdapat keanekaragaman hayati dengan nilai konservasi yang tinggi. Dihuni oleh lebih dari 2.009 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon membuat suasana di tanah seluas 147 hektar ini sejuk dan nyaman.

Selain penuh dengan flora dan fauna kebun binatang ini juga menyajikan beberapa fasilitas lain seperti Pusat Primata Schmutzer yang merupakan rumah dan tempat konservasi bagi primata Indonesia, Taman Refleksi yang berupa taman dengan banyak hiasan patung satwa, Taman Satwa Anak yang menampilkan beberapa satwa ramah yang disukai anak-anak, Selain itu ada juga Sarana Rekreasi di mana Anda dapat menikmati berbagai kegiatan seperti mencoba hewan tunggang.

Pengunjung harus membayar tarif masuk sebesar Rp4.000 per orang untuk dewasa dan Rp3.000 per orang untuk anak-anak. Di beberapa fasilitas, pengunjung dikenakan biaya tambahan. Namun tak perlu khawatir karena tarif yang dikenakan dapat terjangkau.

 Baca Juga: Instagramable Banget, Ini 6 Spot Foto Favorit Milenial di Hutan Pinus Pengger

Taman Safari Bogor

tsi

Wisata satwa yang ada di Cisarua Bogor ini mengusung konsep safari. Anda bisa menjelajah dengan hewan-hewan yang berkeliaran dalam habitatnya. Di tempat ini Anda bisa berkeliling untuk berinteraksi dengan para satwa, sambil memberikan makan dari dalam kendaraan.

Pengelola menyediakan bus untuk bersafari atau bisa juga menggunakan mobil pribadi. Kebun binatang ini memiliki fasilitas yang lengkap dan menarik. Seperti Bus Safari, kereta mini, pertunjukan hewan, kolam berenang, danau dengan sepeda air dan perahu tersedia di tempat ini.

"Jadi kalau kesini tuh harus semua show harus ditonton. Baru worth it jika semuanya ditonton," ujar Felo Felicia, salah satu pengunjung seperti dikutip dari Channel YouTube Felo Felicia, Minggu (4/10/2020).

Bila ingin berkunjung, Anda perlu membayar tiket dewasa sebesar Rp185 ibu (weekday) dan Rp220 ribu (weekend). Sedangkan untuk anak-anak sebesar Rp160 ribu (weekday) dan Rp180 ribu (weekend).

 

Batu Secret Zoo

Lokasi ini menjadi bagian dari tempat rekreasi Jatim Park. Kebun binatang yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur ini mengusung konsep modern. Penataannya yang sangat menarik bagi pengunjung membuatnya menjadi kebun binatang favorit.

Di kebun binatang ini, Anda bisa mengamati gaya hidup satwa berbagai jenis dari dekat. Selain itu, juga ada Museum Satwa yang di dalamnya terdapat beberapa satwa dan kerangka satwa-satwa. Pemeliharaan koleksinya cukup baik dan aman karena diantara pengunjung dan binatang dibatasi dengan sekat-sekat kaca.

"Binatangnya di sini keren-keren, saya sudah tiga kali kira-kira kesini tapi enggak pernah bosan," ucap Joshua, salah satu pengunjung seperti, dikutip dari channel YouTube Joshua Favian.

Kebun Binatang Gembira Loka

gembira loka

Kebun binatang yang memiliki koleksi mulai dari mamalia, reptil hingga primata ini berada di Yogyakarta. Terdapat berbagai fauna dan fasilitas membuat kebun binatang ini, menjadi salah satu tempat rekreasi yang selalu ramai dikunjungi.

Ada sekira 10 objek rekreasi di dalamnya yang membuat wisata satwa Anda semakin seru. Berinteraksi dan melihat atraksi dari hewan menjadi nilai tambah dari tempat ini.

Taman Hewan Pematangsiantar

Kebun binatang dengan area seluas sekitar 4,5 hektar ini berlokasi di Jalan Gunung Simanuk-Manuk Kota Pematangsiantar, Provinsi Sumatra Utara. Total koleksi konservasinya mencapai 715 ekor. Taman Hewan Pematangsiantar ini juga memiliki beberapa koleksi yang bisa dibilang unik.

Sebagai objek wisata dengan sarana hiburan, konservasi dan edukasi THPS dilengkapi dengan pusat karantina hewan, rumah sakit hewan dan Museum Zoologicum serta fasilitas penunjang lainnya.

Bandung Zoo

bandung

Di atas tanah seluas 14 hektar, Bandung Zoo berlokasi di jantung Kota Bandung. Ada banyak koleksi satwa yang menarik dan lingkungan yang indah dan asri. Selain itu, objek wisata ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi dan observasi.

Di sana Anda juga berkesempatan untuk berfoto bersama satwa tertentu. Selain itu, Anda bisa merasakan sensasi menunggangi gajah, kuda dan unta di dalam lingkungan ini.

Taman Satwa Taru Jurug (Jurug Solo Zoo)

Berikutnya ada kebun binatang yang merupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta. Pada awalnya merupakan tempat hiburan bagi keluarga sultan, dengan koleksi satwa akhirnya berkembang sebagai tempat rekreasi untuk seluruh masyarakat.

Menawarkan lokasi yang indah untuk rekreasi, di dalamnya terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Selain wisata satwa, kebun binatang ini yang juga bertemakan wisata alam karena adanya taman yang dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Taman satwa yang ditumbuhi lebih dari ribuan pohon yang membuat suasana lingkungan menjadi sejuk dan nyaman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini