Ini Rute dan Waktu Terbaik Berwisata ke Kalibiru

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 406 2288546 ini-rute-dan-waktu-terbaik-berwisata-ke-kalibiru-iN9x8rdeiq.jpg Kalibiru, Gunung Kidul, Yogyakarta (Foto Wukitraveller)

DAERAH Istimewa Yogyakarta memiliki banyak objek wisata alam, sejarah, budaya, dan kuliner. Salah satunya adalah Kalibiru di Perbukitan Menoreh, di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo sekitar 40 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Kalibiru merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan perbukitan yang luas dan indah. Berada di dataran tinggi, Kalibiru menawarkan pemandangan alam eksotis. Wisatawan juga bisa melihat menara pandang dan gardu pandang berbentuk rumah pohon.

Baca juga: 4 Air Terjun Populer di Karanganyar, Pesonanya Bikin Hati Adem

Berikut beberapa tips dan panduan berwisata ke Kalibiru :

Transportasi dan Rute

Rute menuju ke Wisata Alam Kalibiru tidak terlalu sulit. Dari Kota Yogyakarta, Okezoners menuju Kota Wates selanjutnya ke Waduk Sermo. Sebenarnya banyak rute lainnya menuju ke Kalibiru, namun rute melalui Waduk Sermo adalah yang paling banyak di pilih karena bisa sekaligus menyaksikan keindahan Waduk Sermo.

ilustrasi

Untuk menuju ke wisata alam kalibiru baiknya Okezoners menyewa sepeda motor maupun mobil di Yogya. Tarif sewa mobil sekitar Rp300.000 hingga 500.000 tergantung jenisnya.

Ratu selain via Wates menuju ke Kalibiru dari Yogyakarta lebih jauh, yakni via Sentolo lalu Clereng dan finish di Kalibiru.

Waktu Terbaik

Waktu terbaik mengunjungi Kalibiru pada pagi hari, setelah kabut menghilang, agar pemandangan alamnya terlihat jelas. Jangan datang terlalu sore karena lokasi wisata alam ini akan ditutup sebelum pukul 18.00 WIB.

Baca juga: Menikmati Pantai Drini Yogya, Pesonanya bak Tanah Lot Bali

Musim penghujan adalah waktu terbaik untuk berkunjung Kalibiru, karena pemandangan alamnya terlihat lebih hijau asri, sejuk dan sangat menyegarkan mata.

Harga Tiket Masuk

Wisata Kalibiru terbilang cukup murah untuk destinasi alam yang menawarkan pemandangan alam hijaubegitu indah dan memukau. Biaya tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 ditambah biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

"Untuk tiket naik ke atas pohon itu Rp10 ribu. Kemudian, jasa satu foto Rp5 ribu, tetapi minimal satu orang bisa memilih empat foto dari beberapa gambar," ujar Fida, seorang petugas wisata alam Kalibiru.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini