Share

4 Destinasi Wisata Favorit di Chonburi Thailand

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 408 2288590 4-destinasi-wisata-favorit-di-chonburi-thailand-p6ZdhHYL6i.JPG Nong Nooch Garden, salah satu destinasi favorit wisatawan di Chonburi, Thailand (Foto: rieker.co.uk)

CHONBURI, ialah kota di tepi laut yang letaknya dekat dengan Bangkok. Kota ini persisnya berada di pantai timur Teluk Thailand, atau hanya 80 kilometer dari ibu kota. Kota Chonburi menawarkan sumber daya alam melimpah, mulai pantainya yang indah, tradisi lokal, hidangan daerah, hingga makanan laut segar alias seafood.

Chonburi sangat populer di kalangan warga lokal untuk dijadikan destinasi tempat berlibur mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Terdapat sejumlah tempat wisata di Chonburi, di antaranya Khao Chi Chan, Khao Sam Muk, Taman Tropis Nong Nooch, dan Pasar Nong Mon yang merupakan tempat di mana Anda dapat berbelanja oleh-oleh lokal seperti produk kerajinan tangan dan kulinernya yang lezat. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Okezone dari laman Tourism Thailand, Senin (5/10/2020);

Khao Chi Chan

Tempat ini terkenal dengan patung Buddha raksasa yang didirikan di tebing besar. Patung Buddha itu dibangun pada tahun 1995 sebagai inisiatif dari Supreme Patriarch yang merasa sangat sia-sia membiarkan gunung marmer ini dihancurkan.

Khao Chi Chan

(Foto: Tourism Thailand)

Ia lantas memerintahkan membuat patung Buddha raksasa di tebing yang sudah dipotong setengahnya. Bangunan ini juga dibangun untuk menghormati yang mulia Raja Bhumibol.

Baca juga: Nia Ramadhani Jajal Wisata Parayalang Bali, Bikin Jantung Mau Copot

Khao Sam Muk

Sebuah bukit yang terletak di antara Ang Sila dan Pantai Bang Saen ini adalah tempat terbaik untuk melihat panorama laut Chonburi. Nama Sam Muk diyakini berasal dari kisah cinta tragis antara seorang wanita muda bernama Sam Muk yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah gagal menikah dengan pria idamannya.

Kera liar di sekitar area Khao Sam Muk

(Foto: Instagram/@milosrandelovic)

Puncak bukit ini juga merupakan rumah bagi sekelompok kera liar. Khao Sam Muk bukan semata-mata simbol di Provinsi Chonburi namun juga lokasi kuil Muk Chao Mae Khao Sam yang dihormati banyak orang. Sedangkan puncak bukitnya adalah view point Pantai Bang Saen dengan panorama memukaunya.

Taman Tropis Nong Nooch

Nong Nooch Garden merupakan taman rekreasi luas di Chonburi. Rumah tradisional Thailand dan taman tumbuhan berupa taman anggrek, palem, pisang, bonsai, kaktus, hingga taman heliconia tersedia di sini.

Kebun binatang dan taman kupu-kupu juga ada di dalam kompleks taman. Ada pertunjukan budaya dan gajah setiap hari untuk menarik wisatawan. Adapun waktu pertunjukannya yaitu pukul 10.45, 15.00, 16.00 waktu setempat dengan tarif masuk sebesar 400 baht. Taman ini juga menyediakan trem untuk berkeliling dengan biaya 50 baht per orang.

Pasar Nong Mon

Pasar Nong Mon terletak di Jalan Sukhumvit, sekitar satu kilometer dari perempatan yang mengarah ke Pantai Bang Saen. Ini adalah pusat makanan dan suvenir di Chonburi. Di pasar ini, Anda bisa menemukan seafood segar dan olahan.

Pasar Nong Mon

(Foto: Instagram/@phumiphat_black)

Pasar Nong Mon menawarkan berbagai macam produk makanan laut yang diproduksi secara lokal seperti ikan, cumi-cumi, udang serta makanan lezat lainnya dan juga berbagai jenis buah-buahan khas Thailand. Jam operasional pasar ini yakni mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini