Ini 10 Kopi Unik di Indonesia, Traveler Harus Coba

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 301 2289246 ini-10-kopi-unik-di-indonesia-traveler-harus-coba-p1XN6P8gT9.jpg Kopi khop atau kopi terbalik khas Aceh Barat (Foto www.cikopi.com)

INDONESIA kaya akan cita rasa kopi. Beberapa jenis kopi nusantara jadi komoditas ekspor untuk memenuhi hasrat pecinta kopi dunia. Kopi Gayo dari Aceh dan Kopi Toraja Sulawesi Selatan adalah salah satu jenis kopi Indonesia yang sudah mendunia.

Indonesia juga menjadi negara dengan penghasil kopi terbaik di dunia karena memiliki kopi khas dan unik serta ada sedikit rasa campuran kekayaan rempah-rempahnya.

Namun tahukah Okezoners, berbagai kopi di Indonesia juga terkenal unik baik dari segi rasa yang khas, bahan yang digunakan, maupun cara pengolahan dan penyajiannya.

Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Selasa (6/10/2020), berikut ini adalah 10 kopi unik yang ada di indonesia yang wajib dicoba semua pencinta kopi.

Teubalek Coffee, Aceh

Persiapkan salah satu cara paling unik untuk menyajikan secangkir kopi, Kopi Teubalek atau Kupi Khop. Berasal dari Aceh Barat, kopi ini disajikan dalam cangkir terbalik yang diletakkan di atas piring kecil dan dilengkapi dengan sedotan.

Untuk meminum segelas kopi ini, Anda harus meniup ke sedotan agar kopinya meresap. Kopi unik dari Aceh ini tentunya wajib dicoba, apalagi bagi para pecinta kopi.

Takar Coffee, Mandailing

Kopi khas yang hanya terdapat di Mandailing Natal adalah Kopi Takar. Kopi Takar sendiri merupakan kopi yang disajikan dalam bentuk batok kelapa dan didesain seperti cangkir serta diletakkan di atas piring kecil. Untuk mencicipi rasanya yang luar biasa, disediakan sebatang kayu manis untuk dijadikan sedotan.

Kopi Mandailing dikenal sebagai kopi terbaik dari Sumatera Utara. Ketebalan kopinya sempurna dengan rasa yang kaya. Tak heran jika kopi ini menjadi favorit warga dan wisatawan yang datang.

Talua Coffee, Padang

Secangkir kopi yang dicampur dengan kuning telur pasti bukan ide yang bagus untuk sebuah kopi yang nikmat. Tapi jangan khawatir, Kopi Talua, kopi khas Padang, Sumatera Barat ini merupakan kombinasi keduanya dan dianggap sebagai salah satu kopi terlezat dari Indonesia.

Kopi talua merupakan kopi racikan yang terbuat dari busa lembut dengan rasa gurih dan manis yang khas. Meski sebagian besar akan menganggapnya unik, perpaduan kopi dan telur tentu menjadi suguhan yang berbeda sekaligus menggoda.

ilustrasi

Proses pembuatan kopi dimulai dengan memasukkan kuning telur ke dalam segelas susu kental manis dan ditambah dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini kemudian dikocok dan ditambahkan dengan air mendidih.

Air mendidih ini kemudian mematangkan telur selama proses pengocokan. Proses ini juga yang menyebabkan tekstur berbusa lembut dari minuman lezat ini.

Kawa Daun Coffee, Tanah Datar

Kopi unik lainnya di Indonesia adalah Kopi Kawa Daun. Menarik bagi para pecinta kopi karena memiliki rasa yang khas yang berbeda dari kopi hitam biasanaya.

Baca juga: Strategi Kemenparekraf Kembangkan Wisata Wellness di Masa Pandemi Covid-19

Selain itu, yang membuatnya semakin menarik adalah bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan kopi, tampilannya juga sangat berbeda dengan kopi biasa yang Anda lihat.

Mirip dengan pembuatan teh, kopi ini dibuat dengan menyeduh langsung daun kopi dari pada menggunakan biji kopi. Karena prosesnya, warna kopinya pun lebih mirip secangkir teh. Sebagai pelengkap, kopi disajikan dalam batok kelapa. Hal ini menyebabkan aroma yang lebih harum dan rasa kopi yang lebih kaya.

Manggar Coffee, Belitung

Berwisata ke Belitung tentunya belum lengkap tanpa mencicipi cita rasa Kopi Manggar yang khas. Kopi itu sendiri tidak jauh berbeda dengan kopi lain yang ditemukan di tempat lain. Namun, cara penyajian kopi inilah yang membuatnya berbeda.

Baca juga: Liburan ke Flores, Jangan Lupa Cicipi 6 Kuliner Tradisional Ini

Yang menarik dari penyajian kopi ini adalah bubuk kopi tersebut dimasukkan ke dalam saringan berbahan kapas yang kemudian akan diseduh dalam air mendidih. Kopi bubuk dari saringan ini kemudian dituangkan ke dalam panci yang sudah berisi air matang di dalamnya.

Kemudian dituang ke dalam gelas dan ditambahkan susu kental manis di dalamnya untuk melengkapi cita rasa dari secangkir kopi yang cantik ini.

Durian Coffee, Lampung

Salah satu ciri khas Lampung, daftar kopi khas Indonesia tak lengkap rasanya tanpa memasukkan kopi durian. Kopi ini terbuat dari jenis kopi Robusta dan ditambah ekstrak buah durian.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kekayaan rasa kopi bisa berpadu dengan rasa manis durian yang eksotis. Tapi saat digabungkan, ini adalah campuran sempurna untuk secangkir kopi unik yang enak. Tentunya sesuatu yang layak untuk dicoba sekali seumur hidup.

Joss Coffee, Yogya

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda tentang arang? Apa pun selain di dalam cangkir kopimu, bukan? Nah, Anda pasti terkejut bahwa Joss Coffee, kopi khas Yogyakarta, secara harfiah adalah sepotong arang panas yang dicelupkan ke dalam cangkir Anda.

Penduduk setempat percaya bahwa ada manfaat yang dimiliki arang ini sebelum menikmati secangkir kopi. Arang tersebut dipercaya dapat meredakan sakit perut dan juga membuat kafein dalam kopi lebih ringan dan lebih mudah untuk diminum. Hebatnya lagi, Kopi Joss banyak tersedia dan bahkan bisa ditemukan di warung-warung jajanan atau biasa dikenal dengan angkringan di Jogja.

Kopyok Coffee, Gresik

Kopi unik yang terkenal langsung dari Gresik, Kopi Kopyok pasti masuk dalam daftar kopi unik yang ada di indonesia. Secangkir kopi biasa sudah memiliki lapisan lembut bubuk kopi di dasar cangkirnya. Namun, kopi Kopyok membiarkan bubuk kopinya tetap dalam bentuk kasar.

Air mendidih kemudian dituangkan ke dalam cangkir dan ampas kopi dibiarkan mengapung ke permukaan. Rasa kopinya sendiri lumayan asam tapi yang membuat kopyok berbeda adalah sensasi menyeruput secangkir kopi dengan taburan ampas kopi di atasnya.

Ijo Coffee, Tulungagung

Kopi Ijo secara harfiah diterjemahkan menjadi Kopi Hijau. Ini adalah jenis kopi istimewa yang paling banyak dikenal di Tulungagung, Jawa Timur. Kopi ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lembut dan warna unik yang dihadirkan di dalam cangkir kopimu.

Warna cantik ini bukan dari pewarna makanan atau ramuan rahasia untuk menghasilkan rasa yang khas. Pembuatan kopi ini membutuhkan bahan masakan tradisional, kesabaran dan perhatian terhadap detail karena prosesnya yang sulit dan lumayan lama.

Biji kopi tersebut dimasak menggunakan kayu bakar dan wajan tanah liat pilihan dan dikerjakan dengan kehati-hatian serta menjaga nyala api agar matang secara merata dan sempurna. Kemudian dari cara pengolahan tradisional tadi, kopi kemudian akan digiling dengan mesin lalu diseduh. Rasanya yang khas karna bercampur dengan olahan masakan tradisional lain.

Rarobang Coffee, Maluku

Di antara pilihan kopi unik di Indonesia, ada yang khas dari Maluku. Kopi Rarobang, surga bagi mereka pencinta kopi sekaligus menyukai jamu tradisional Indonesia.

Kopi Rarobang disajikan dengan ragam jenis olahan jamu. Untuk melengkapi kopi arabika hitam ini adalah dengan campuran rasa jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, serai, dan irisan kenari. Secangkir kopi ini jelas merupakan teman yang tepat untuk malam yang santai serta untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini