Dear Backpacker, Lakukan 4 Hal Ini saat Tersesat di Hutan atau Gunung

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 406 2289392 dear-backpacker-lakukan-4-hal-ini-saat-tersesat-di-hutan-atau-gunung-7HVJzlayRw.jpg ilustrasi (stutterstock)

NAIK gunung atau berwisata di alam bebas jadi kesukaan bagi anak-anak muda alias mileniel. Mereka merasa keren dengan mengenakan sepatu gunung dan keril lalu berpetualang di hutan menikmati keindahan pemandangan alam.

Namun, berkegiatan di alam bebas atau tempat asing sungguh berisiko. Nyasar, hilang, tersesat, kehilangan hal bisa saja dialami sehingga butuh langkah-langkah antisipasi untuk mengurangi risiko terburuk.

Baca juga: 4 Tips Wisata Bahari Aman dan Menyenangkan

Makanya, seseorang yang akan beraktivitas di hutan penting membawa alat navigasi darat dan menguasai ilmu-ilmunya. Kemudian harus mampu mengendalikan diri agar tak mudah panik, karena panik justru memperburuk kesehatan.

Dilansir dari akun Instagram @indonesiantrekker, Rabu (7/10/2020), berikut 4 tips ketika tersesat, hilang atau nyasar di alam bebas :

Berhenti

Ketika kita menyadari kalau kita tertinggal dari rombongan atau tersesat, maka berhentilah dan luangkan waktu untuk istirahat. Hal ini berguna agar kita tidak semakin jauh tersesat dan membantu pikiran kita agar tetap tenang dalam mengambil keputusan.

Berpikir

Setelah kita tenang, cobalah untuk berpikir positif dari keadaan yang ada. Mulai dari memotivasi diri agar bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengatasi rasa takut, pikirkan juga dimana lokasi kita berada dan bagaimana kita bisa sampai tersesat. Pikiran yang positif juga akan membantu dalam mengambil keputusan.

Observasi

Pada tahap ini, cobalah melakukan observasi apa saja yang ada disekeliling kita.

Mulai dari cuaca, ada atau tidaknya tempat berlindung, air, ketinggian tempat kita berada, jarak tempat kita ketempat terbuka dan juga sumber daya yang bisa digunakan untuk membuat api, tempat berlindung dan membuat sinyal darurat.

Baca juga: Kembangkan Ekowisata di Tengah Covid-19, Ini Hal Penting Harus Diperhatikan Pemerintah

Hal ini tentunya akan berguna bagi kita agar tetap bertahan hidup dan menemukan jalan keluar dari kondisi tersesat atau juga bisa mudah ditemukan tim pencari.

Rencana

Setelah banyak observasi yang kita lakukan, segera lakukan rencana berdasarkan prioritas kebutuhan kita. Lakukan rencana secara sistematis seperti mencari tempat berlindung, membuat api untuk menghangatkan diri dan sinyal darurat serta mencari air minum.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini