Nikmatnya Daging Asap Khas NTT, Bikin Lidah Ketagihan

Chotimah, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 301 2289606 nikmatnya-daging-asap-khas-ntt-bikin-lidah-ketagihan-a6ILeq5vMu.JPG Daging asap khas NTT (Foto: instagram/@dessyarisandi)

SETIAP provinsi di Indonesia memiliki beragam budaya dan tradisi. Salah satu ikon utama dari setiap provinsi pasti memiliki masakan yang khas akan kelezatannya. Masakan Indonesia adalah tradisi kuliner yang kaya di dunia dan penuh dengan cita rasa yang kuat.

Salah satu provinsi dengan tradisi kuliner yang kaya akan rempah adalah Nusa Tenggara Timur (NTT). Di mana provinsi ini memiliki kuliner dengan kelezatan dan keunikan tersendiri. Makanan khas daerahnya memiliki rasa yang berbeda dan keunikan dari bentuk masakan tersebut.

Salah satu kuliner utama NTT adalah daging sapi asap yang memiliki cita rasa kaya akan rempah, paduan makanan rempah-rempahnya yang dijamin membuat lidah Anda ketagihan. Makanan ini sudah menjadi primadona untuk NTT. Sehingga Anda bisa langsung menemukan hidangan ini di setiap kedai di sana.

Daging sapi asap ini bahkan sudah bisa Anda temukan di kota besar seperti Surabaya. Salah satu rumah makan di kawasan Jalan Raya Kelintang, Kota Surabaya yang menyajikan masakan khas NTT dengan aneka sambal yang bisa membuat lidah bergoyang.

Namun, karena makanan khas NTT tersebut diadopsi ke Surabaya. Maka Widi sebagai pemiliki rumah makan ini juga menyajikan beragam sambal khas Jawa Timur.

"Olahan khas dari Nusa Tenggara Timur yang kita datangkan khusus untuk warga Jawa Timur dan untuk sambalnya kita sesuaikan dengan lidah orang Jawa Timur, " ucap Widi, dikutip dari channel YouTube iNews, Rabu (7/10/2020).

Sesuai namanya, makanan tersebut juga terbuat dari daging sapi yang disayat memanjang kemudian dimatangkan dengan cara diasap. Meski tidak memerlukan keahlian khusus, namun butuh ketelatenan untuk membuat daging asap agar tidak hangus.

Rasa daging asap tersebut akan nikmat sekali jika disantap dengan sayur daun singkong dengan berbagai aneka macam sambal. Di antaranya sambal mangga, sambal teri, sambal terasi ataupun sambal ijo.

"Rasanya tuh benar-benar enak, dagingnya empuk terus sambalnya itu bikin ketagihan karena banyak varian rasanya. Aku aja ini jauh-jauh dari Lumanjung sampai pengen cicipi rasanya, memang benar enak banget. Daging sapinya juga empuk banget, " ucap Monic salah satu penikmat daging asap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini