Siapa Sangka Indonesia Punya Sungai Terpendek di Dunia

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 408 2290025 siapa-sangka-indonesia-punya-sungai-terpendek-di-dunia-zZaPFyzcoi.jpg Sungai Tamborasi. (Foto: YouTube Official iNews)

SIAPA sangka Indonesia punya sungai terpendek di dunia. Sungai ini terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sungai Tamborasi namanya, terletak sekira 80 km dari pusat Kota Kolaka. Posisinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kolaka Utara.

Untuk menuju Sungai Tamborasi pengunjung bisa menempuh melalui jalur darat dengan memakan waktu sekitar 2 jam, perjalanan tersebut akan ditemani dengan pemandangan bukit dan laut yang sangat memesona.

Dilansir dari video YouTube channel Official iNews, Sungai Tamborasi dijuluki sebagai sungai terpendek di dunia sebab hanya memiliki panjang 20 meter. Air Sungai Tamborasi mengalir dari dalam Tebing Karst dan mengalir hingga laut yang ada di depannya.

“Nah setelah 2 jam perjalanan, akhirnya sampai juga saya di tempat ini. Saya tuh mau banget ke tempat ini karena unik banget. Di belakang saya ada aliran air yang langsung menuju ke laut yang datangnya dari Tebing Karst di belakang saya ini,“ ujar Presenter Sasqia Putri.

 sungai

Baca Juga: Dear Backpacker, Lakukan 4 Hal Ini saat Tersesat di Hutan atau Gunung 

Adanya tebing karst yang memunculkan dugaan bahwa Sungai Tamborasi merupakan lanjutan dari aliran sungai bawah tanah yang tak terlihat di permukaan. Sungai Tamborasi memiliki air yang jernih dan berwarna hijau.

Sehingga pemandangan di sekitarnya terlihat indah dan memiliki karakteristik terdapat bukit-bukit di sekitarnya, cekungan-cekungan dan gua di dalam tebingnya, serta terdapat sungai di bawah tanah. Warga setempat pun biasa memanfaatkan aliran Sungai Tamborasi ini untuk bermain air atau mandi.

“Saya enggak nyangka kalau ternyata air di tempat ini tuh dingin banget. Saya enggak ngerti lagi kenapa adik-adik di belakang kuat banget main dari tadi sampai sekarang enggak berhenti-henti,” ungkap Sasqia.

Di Sungai Tamborasi juga terdapat akar pohon harapan. Pohon ini punya mitos yang dipercaya masyarakat sekitar Sungai Tamborasi.

Kabarnya apabila mengikatkan sebuah tali pada akar-akar pohon tersebut di tepian sungai Tamborasi dipercaya akan mendapat jodoh bagi yang lajang. Nah bagi yang telah berumah tangga, hubungannya akan harmonis.

 sungai

“Ini kalau bagi yang masih single akan mendapat jodoh, kalau yang sudah berkeluarga rumah tangganya semakin harmonis,” tutur Sugianto Hutkri, warga setempat.

Dengan keindahan dan keunikan yang ada, sungguh sayang jika Sungai Tamborasi dilewatkan begitu saja, ketika Anda sedang bepergian di Kabupaten Kolaka. Mau mampir?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini