Sajian Lezat Kapurung Ikan Khas Sulawesi Selatan Mirip Papeda Loh

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 301 2290362 sajian-lezat-kapurung-ikan-khas-sulawesi-selatan-mirip-papeda-loh-fAlOkDmdwY.jpg Kapurung ikan. (Foto: YouTube iNews Magazine)

JIKA di Papua terdapat papeda, maka di Sulawesi Selatan dinamakan kapurung. Kuliner yang terbuat dari tepung sagu ini memiliki tekstur kental, lengket, dan punya cita rasa yang gurih.

Biasanya, kapurung disajikan dengan ikan lengkap dengan kuah kuning serta sayuran. Kapurung cocok dikonsumsi oleh orang yang tidak menyukai daging ayam atau sapi.

Bedanya olahan ini dengan papeda ialah cara menyajikannya dibentuk bulat menggunakan lidi, kemudian dipotong dan dimasukkan ke dalam kuah kuning. Biasanya, kapurung dikonsumsi sebagai pengganti nasi dan menjadi makanan untuk yang sedang diet.

Baca Juga: Tak Perlu ke Inggris, Bondowoso juga Punya Stonehenge Lho

papeda

Cara mengolahnya pun tidak sulit, mengutip dari Youtube iNews Magazine pada Kamis (8/10/2020), siapkan ikan yang telah dibersihkan kemudian masukkan ke panci dan rebus hingga menjadi kaldu.

Lalu haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, tomat, patikala atau kecombrang, bawang bombai, cabai rawit, daun bawang, dan kemangi kemudian masukkan ke panci. Bumbu dihaluskan agar aroma amis dari ikan menghilang.

 

Sambil menunggu matang, haluskan kacang tanah bersama irisan kecil mangga muda, dan perasan jeruk nipis sebagai bahan pelengkap untuk kapurung. Lalu didihkan air dalam wadah, masukkan tepung sagu yang telah dilarutkan di dalam air dan aduk hingga mengental.

Lalu, bentuk bulat-bulat menggunakan lidi dan masukkan ke dalam kaldu ikan yang telah matang. Setelah selesai, masukkan campuran kacang tanah dan mangga muda yang telah dihaluskan.

Sayuran yang disajikan bersama hidangan ini biasanya berupa kangkung, jagung manis muda, dan daun pakis. Sajian ini memiliki cita rasa gurih, asam yang berasal dari patikala, dan pedas dari cabai rawit. Jika ingin mencobanya, Anda bisa ke rumah makan khas Sulawesi Selatan atau membuat sendiri di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini