Mencicipi Sushi Rawon, Kuliner Unik dari Kota Batu

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 301 2290499 mencicipi-sushi-rawon-kuliner-unik-dari-kota-batu-DMYtbbpQT5.jpg Sushi. (Foto: Avirista/Okezone)

BAGAIMANA rasanya perpaduan sushi masakan khas Jepang dengan masakan tradisional Indonesia. Bila penasaran Anda bisa mendatangi salah satu hotel di Kota Batu yang menawarkan perpaduan sushi yang dikombinasikan dengan rawon, apel, ayam kremes, dan ayam geprek.

Sushi berpadu dengan bumbu rawon menjadi suguhan utama hotel di kawasan Jalan Agus Salim Kota Batu. Menariknya bumbu rawon dan ayam geprek yang dikombinasikan merupakan bumbu-bumbu asli Indonesia, seperti kluwek, cabai asli, bawang merah, bawah putih, dengan citra rasa khas sambal asli Indonesia.

Chef pembuat sushi Yohan Afrianto menjelaskan, alasannya membuat kombinasi antara masakan Jepang dengan Indonesia lantaran ciri khas hotel tersebut yang mengusung tema Jepang.

Baca Juga: Buka 24 Jam, Inilah Kawasan Wisata Kuliner Laksa Tangerang

"Kita tahu Hotel Kontena ini kan mengusung ciri khas Jepang, kita kombinasikan dengan masakan khas Indonesia. Jadi kita mix atau campur," ujar Yohan kepada Okezone pada Kamis (8/10/2020).

 chf

Yohan memaparkan ada lima jenis sushi yang dibuatnya dikombinasikan dengan menu makan lokal Indonesia dengan ciri khas bumbu yang kuat.

"Ada lima, pertama apel sushi karena kita nggak mau melupakan sejarah ada di batu kota apel, kedua ayam geprek dan ayam kremes, ayam geprek ini original yang ayam kremes kita goreng pakai tepung," tuturnya.

Pada proses pembuatannya sushi rawon, Yohan memastikan bumbu - bumbu yang digunakan sama persis dengan yang digunakan di menu rawon. Begitu juga sushi apel yang mengusung kombinasi sushi dengan apel, yang merupakan produk unggulan Kota Batu.

"Yang rawon juga kita pakai bumbu kluwek dan bumbu rawon. Kalau untuk ayam gepreknya, kita bumbu sambalnya pakai resep khas bumbu Indonesia. Jadi kita campur. Kita awalnya mencoba menakar, bakar bumbunya yang pas seperti apa, semua sushi baik rawon, apel, geprek, hingga tom yam semua pakai bumbu asli," paparnya.

"Kita coba beberapa kali trial secara glamasi dan timbang-timbang, ini cocoknya seberapa kluweknya ini dua unsur yang sangat jauh berbeda coba kita satukan," imbuhnya.

Saat Okezone mencoba menu sushi dengan beragam kombinasi, memang terasa bumbu rawonnya. Daging sapi yang dipadu bumbu kluwek khas rawon begitu terasa. Sementara di sushi apel, potongan buah apel, ciri khas Kota Batu juga terasa.

 sushi

Sementara untuk sushi ayam geprek dan kremes, perpaduan sambal dan ayam di dalam sushi menghasilkan sensasi rasa pedas khas Indonesia, dengan citra rasa sushi.

Menurut Yohan, dalam proses pembuatannya hanya sushi rawon saja yang memerlukan tindakan ekstra. Maka tak heran bila proses sejak pencampuran bumbu dan ayamnya hingga siap saji disebut Yohan mencapai waktu 1,5 jam.

"Kalau rawon memang yang paling lama, perlu waktu 1 sampai 1,5 jam, untuk memastikan daging empuk dan merebus bumbunya. Tapi kalau orderan tamu kita siapkan maksimal tidak boleh lebih dari 15 menit makanan sudah ready," tuturnya.

Bila Anda ingin mencicipi menu sushi dengan kombinasi berbagai masakan tradisional Indonesia, menu ini dibanderol mulai harga Rp30 ribu untuk sushi apel, ayam geprek, dan ayam kremes, ssedangkan untuk sushi rawon dan tomyam dibanderol dengan harga Rp35 ribu.

"Dari sejak pertama dibuat hingga kini kami sudah mendapat atensi, empat hari kita launching ini sudah banyak yang antusiasi pesan," katanya.

Ke depan rencananya, dirinya akan menambah menu tradisional Indonesia yang dikombinasikan dengan sushi. Menu tersebut salah satunya pecel dan sate.

"Ke depan akan ada (penambahan kombinasi menu tambahan), kombinasi kemungkinan besar akan ada, melihat marketnya kita seberapa antusias," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini