Tak Perlu ke Inggris, Bondowoso juga Punya Stonehenge Lho

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 408 2290348 tak-perlu-ke-inggris-bondowoso-juga-punya-stonehenge-lho-TtyT3MBbxJ.jpg Batu So'on di Solor Bondowoso (ksmtour.com)

STONEHENGE merupakan tumpukan batu besar di Wiltshire, Inggris yang merupakan situs warisan dunia UNESCO sekaligus objek wisata sering dikunjungi turis dari berbagai negara.

Tapi, tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat bangunan unik yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu. Karena Indonesia juga memiliki tumpukan batu besar persis Stonehenge dan bukan replika alias 100% original.

Namanya Betoh So'on, diambil dari bahasa Madura yang artinya batu bertumpuk-tumpuk seperti disunggi. Situs ini terletak di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Kepulauan Terbaik di Asia, Nomor 3 Indonesia Punya

Batu So’on kerap dikaitkan dengan keunikan Stonehenge di Inggris. Banyak yang berpendapat bahwa batuan So’on merupakan situs Megalitikum, namun beberapa ahli geologi menyatakan fenomena batu So’on terjadi secara alami yang terbentuk akibat letusan gunung berapi jutaan tahun silam.

Truly Christina, host Geopark Indonesia iNewsTV saat mengunjungi Batu So’on kagum dengan keunikan situs ini.

"Batunya memang sangat unik karena berbaris dan bertumpuk-tumpuk, memang mirip sekali dengan Stonehenge di Inggris," kata Truly seperti dikutip dari video di channel Youtube Inews Magazine, Kamis (8/10/2020).

Dalam kawasan Batu So’on terdapat batu-batu lain yang di beri nama Batu Kembar karena ukuranya sangat besar dan mirip satu sama lain.

“Di sekitar Batu So’on ada batu yang ukuranya gede banget dan bentuk mirip, dinamakan Batu Kembar,” katanya.

Kemudian, di sekitaran Batu Kembar masih ada batu yang posisinya sangat unik karena saling menempel.

“Ada yang lebih unik lagi di balik batu kembar, ada batu yang besar banget dan saling menempel, kaya mau jatoh posisi batunya."

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Batu So'on, tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam dan gratis biaya masuk. Yang harus diperhatikan para wisatawan adalah, untuk selalu mengikuti intruksi penjaga dan dilarang membuang sampah sembarang, agar alam yang sudah terjaga tidak rusak.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini