Tak Kalah dengan Ciwidey, Kawah Putih Tinggi Raja Jadi Incaran Milenial

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Kamis 08 Oktober 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 08 408 2290406 tak-kalah-dengan-ciwidey-kawah-putih-tinggi-raja-jadi-incaran-milenial-UF68uF1yIC.JPG Kawah putih Tinggi Raja di Simalungun, Sumut (Foto: Instagram/@explorewisatasumut)

INDONESIA kaya akan destinasi wisata alam yang memukau. Salah satu destinasi dengan pesona alamnya yang unik dan indah berada di Medan, Sumatera Utara.

Ya, kawah putih Tinggi Raja menjadi salah satu destinasi yang tengah naik daun di kalangan milenial, karena keindahan dan tempatnya yang instagramable.

Tempat wisata ini sangat wajib dikunjungi ketika Anda sedang berlibur di tanah Batak, Sumatra Utara. Tak kalah dengan kawah putih di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, kawah putih Tinggi Raja memiliki pesona keindahan alam yang tak kalah menakjubkan.

Berada di area Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, tentu saja bagi orang-orang yang belum pernah ke area tersebut tidak akan menyangka bahwa di dalamnya terdapat pesona pemandangan kawah yang mengagumkan.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Pelaku Usaha Wisata Selam di Labuan Bajo Terapkan CHSE

Melansir dari laman Wisata Sumatera, kawah putih Tinggi Raja terletak di cagar alam seluas 176 hektare dan memliki lahan kawah dengan luas 4 hektare ini bagai mutiara. Di tengah lebatnya hutan Anda harus melewati jalan yang tidak begitu mulus untuk menuju kawah.

Setelah itu, Anda akan menemukan keindahan yang mengagumkan, pengunjung pun akan dibuat takjub dengan keindahan bukit putih kapur dan aliran air panas yang memesona dan sangat eksotis.

Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan dengan keindahan kolam air panas yang berwarna biru kehijau-hijauan yang dikelilingi oleh batuan kapur seolah-olah menyerupai hamparan salju. Beningnya air terlihat begitu menggoda seolah tanpa noda. Dan tentu saja, objek wisata ini bernilai untuk mengisi laman akun sosial media Anda.

Kawah putih Tinggi Raja ini terbentuk dari panas bumi yang mengandung belerang, kemudian membentuk bukit putih dengan sumber air panas bersuhu 90 derajat celsius. Selain membentuk bukit, aliran air panas juga membentuk undakan bebatuan kapur dan beberapa kawah yang dapat digunakan untuk berendam.

Objek wisata ini berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean di pelosok dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Lokasinya berada di dalam hutan lindung sebuah area hutan yang lebat, sehingga tidak banyak wisatawan yang tahu mengenai keberadaannya. Namun, di Medan objek wisata ini sudah menjadi salah satu tujuan yang sangat populer.

Kawah putih Tinggi Raja dapat Anda capai dengan berkendara sejauh 95 kilometer dari Kota Medan. Anda akan menemukan jalan yang naik turun dan berliku melewati hutan cagar alam.

Terkadang Anda harus melewati jalan penuh batu. Namun begitu tiba di sana, Anda akan disuguhi pemandangan sangat indah sehingga jeripayah Anda akan langsung terbayar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini