5 Kuliner Ndeso di Candi Borobudur, Uenak Lur

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 301 2290924 5-kuliner-ndeso-di-candi-borobudur-uenak-lur-mbywUvTjlS.jpg Sego godog. (Foto: Instagram/@jogjabikinlaper)

LIBURAN ke Candi Borobudur, tak lengkap bila tak mencicipi kulinernya. Ada banyak hidangan lokal lezat di sekitar Candi Borobudur.

Deretan kuliner ini cocok sekali untuk disantap saat lelah usai mengitari candi yang megah tersebut. Usai menjelajahi Candi Borobudur, pastinya akan membuat Anda lelah dan lapar.

Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, berikut ini lima kuliner khas yang pastinya harus Anda coba di dekat Candi Borobudur. Apa saja ya?

Ndas Beong

ndas

Hidangan yang pertama yaitu ikan beong, yang merupakan jenis ikan khusus yang hanya dapat ditemukan di Sungai Progo. Ikan ini dimasak dengan rempah-rempah khusus mulai dari lengkuas, serai, jahe hingga bawang merah sehingga membuatnya sangat lembut dan gurih. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas dengan level ekstra, Ini merupakan hidangan pedas peringkat teratas. Namun, Anda juga dapat meminta versi non-pedas sebelumnya jika Anda tidak menyukai pedas. Hidangan lezat ini dapat ditemukan di Warung Makan Sehati dekat Borobudur, tepatnya di Desa Bumen.

Nasi Lesah

nasi

(Gundulpacul99)

Nasi Lesah dulunya adalah hidangan lokal favorit, dan sekarang hanya ditemukan di beberapa tempat di sekitar Magelang. Salah satunya adalah Nasi Lesah Pak Badut yang terkenal. Ini mirip dengan hidangan lokal lain yang bernama soto, tetapi bukannya kuah kuning bening, melainkan ia dilengkapi dengan santan, oleh karena itu sedikit lebih padat dan gurih. Sup ini disertai dengan sepiring nasi yang mengepul.

Baca Juga: Tur Virtual Dianggap Jadi Cara Promosi Wisata Paling Manjur

Sego Godog

Hidangan ini sangat populer sehingga restoran yang menjualnya selalu ramai sekali. Namun, antrian yang panjang tersebut sepadan dengan hidangannya dengan rasa yang lezat. Hidangan unik ini terbuat dari nasi yang dibumbui dengan kuah pedas. Menunya terdiri dari telur, ayam suwir, kubis, wortel, seledri, dan bawang untuk dicampur dengan nasi. Menambahkan kaldu akan membuat rasanya ekstra istimewa. Jika Anda ingin pedas, tambahkan cabai ke dalam hidangan membuatnya semakin sedap.

 

Tahu Bacem dan Tempe Mendoan

tahu

Jika Anda hanya ingin ngemil, maka tahu bacem dan tempe mendoan merupakan salah satu hidangan camilan lokal favorit yang sempurna. Tahu bacem terbuat dari tahu yang direbus dengan bumbu yang kemudian direbus perlahan agar lebih beraroma. Setelah direbus, tahu tersebut kemudian digoreng sampai berubah menjadi coklat keemasan.

Sedangkan tempe mendoan, merupakan tempe digoreng dengan tepung, menyantapnya biasanya dicelupkan ke dalam kecap dengan potongan cabai. Anda dapat mencoba makanan ringan ini di Stupa Restaurant, dan memilih lebih banyak hidangan Indonesia dari menu mereka. Restoran ini memiliki suasana yang sempurna untuk makan malam yang menyenangkan dengan lampu-lampu yang indah dan ruang terbuka yang menghadap ke pemandangan yang menakjubkan.

Es Pleret

es pleret

Setelah lelah mengelilingi candi, maka minuman segar merupakan hal yang cocok. Salah satunya yang harus Anda cicipi adalah es pleret. Minuman spesial ini hanya bisa ditemukan di Jawa Tengah dan sangat menyegarkan sehingga akan membantu anda melewati hari yang panas. Rileks dengan tepung beras dan pati yang diolah dan dibentuk menjadi potongan-potongan kecil. Pleret ini kemudian dicampur dengan larutan gula aren, santan dan es serut. Minuman yang enak dan segar untuk diminum saat tengah hari.

Itu dia deretan hidangan lokal yang harus Anda cicipi saat sedang berkunjung ke Candi Borobudur. Hidangan-hidangan di Magelang memang sangat menggoda Anda untuk makan lebih banyak, terlebih dengan suasana di sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini