Mau Wisata Kuliner di Pematang Siantar, Ini 5 Rekomendasi

Ersa Ambarita, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 301 2291221 mau-wisata-kuliner-di-pematang-siantar-ini-5-rekomendasi-dNUyKy2aSf.jpg Mi gomak (Instagram @lilyminarosa)

PEMATANG Siantar bukan hanya terkenal dengan wisata alam dan patung Dewi Kwan In. Kota di Provinsi Sumatera Utara ini juga masyhur dengan aneka kuliner tradionalnya yang menggugah selera. Orang-orang saat ke Siantar sering mencicipi makanan dan kudapan khas daerah ini.

Di sepanjang jalan Kota Pematang Siantar, Anda bisa menemukan sejumlah penjaja kuliner lezat dengan harga terjangkau.

Baca juga: 5 Kuliner Ndeso di Candi Borobudur, Uenak Lur

Berikut 5 kuliner khas Pematang Siantar yang harus Anda coba saat berkunjung ke daerah ini :

1. Mie Gomak Siantar

Mie gomak Siantar menjadi kuliner legendaris di Pematang Siantar. Bahan dasarnya mie lidi dengan racikan rempah-rempah dan bumbu andaliman khas Batak. Gomak berasal dari bahasa Batak yang artinya genggam. Tapi, penyajian mie ini tidak digenggam langsung. Warga menjuluki mie gomak sebagai spaghettinya Batak.

Kuliner ini sangat mudah didapatkan di seluruh penjuru Siantar, terutama pada pagi hari. Mie gomak biasa dinikmati dengan kuah santan atau digoreng. Harganya seporsi sekitar Rp2.000 sampai 5.000.

2. Kopi Kafe Kok Tong

Kafe Kok Tong Siantar terletak di Jalan Cipto, Kota Pematang Siantar. Kafe bernuansa klasik ini menyajikan kopi robusta dari Simalungun. Kopi hitam dan kopi susu andalan kafe ini. Kafe Kok Tong mengolah kopi dengan cara manual, sehingga aromanya khas tidak berampas.

Baca juga: Uni Emirat Arab Akan Investasi Wisata di Aceh

Kafe ini didirikan seorang laki-laki Tionghoa, Lim Tee Kee 100 tahun lalu. Jadi kalau ke Siantar, belum lengkap rasanya jika belum menyeruput kopi di sini.

3. Roti Ganda

Ganda merupakan nama tokoh roti yang ada di Jalan Sutomo di pusat Kota Pematang Siantar. Namun, orang-orang yang membeli roti ini akrab menyebutnya sebagai roti ganda. Tokoh roti ini berdiri sejak 1979. Roti ganda sudah jadi oleh-oleh khas Siantar.

Roti ganda banyak diincar pembeli adalah yang pakai srikaya, kemudian olesan cream dengan taburan seres cokelat padat. Harga roti ini berkisar dari Rp10.000 sampai 40.000, tergantung ukuran.

4. Warung Miso Pematang Siantar (WMP)

Warung Miso Pematang berada di Jalan Sudirman, Siantar Barat, Kota Pematang Siantar. Menu andalannya adalah miso dengan bumbu rendang, sayuran, gorengan, dan telur puyuh. Warung ini dominan lesehan. Semangkuk miso harganya Rp15.000.

ilustrasi

Miso Siantar (Ersa)

5. Roti Ketawa

Jika Anda hendak mencari camilan ringan dan bisa dibawa untuk bekal di perjalanan, maka roti ketawa Siantar layak dicoba. Roti ketawa ini bisa didapatkan dengan ukuran berbeda-beda.

Roti ketawa ini berbentuk bulat dengan taburan wijen kecil-kecil seperti onde-onde. Rasanya akan sangat gurih dan renyah ketika selesai digoreng. Pas sekali dinikmati dengan siraman kopi atau teh hangat.

Untuk nama ketawa pada roti ini ada karena pada sisi tengah roti berbentuk ekspresi tertawa seseorang.

Roti ini bisa Anda dapatkan langsung di sepanjang jalan Kota Pematang Siantar. Harganya cukup murah, mulai dari Rp10.000 per bungkusnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini