Bandara Italia Dapat Penghargaan Anti-Corona Bintang 5

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 00:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 406 2291250 bandara-italia-dapat-penghargaan-anti-corona-bintang-5-GHsMrsuZuC.jpg Bandara Fiumicino, Roma, Italia (Foto CNN.com)

BAGI Anda yang sudah memiliki keinginan traveling ke luar negeri di masa pandemi Covid-19, mungkin tertarik untuk menyambangi Italia. Bandara Fiumicino di Roma baru saja dinobatkan sebagai bandara bintang 5 Anti-Covid-19 oleh Skytrax.

Melansir CNN, Jumat (9/10/2020), Skytrax yang dikenal sebagai organisasi pemberi peringkat bagi transportasi udara internasional, dilaporkan telah menganalisa sejumlah bandara di Eropa yang sekira cukup aman disambangi di masa pandemi Covid-19.

Dari hasil survey dan analisi mereka, Bandara Fiumicino di Roma dinilai paling siap dalam menerapkan standar kebersihan dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan WHO.

 Baca juga: 4 Wisata Alam Eksotis di Ubon Ratchathani Thailand

Menurut rilis yang dikeluarkan Skytrax, penilaian ini diambil setelah mengecek efisiensi prosedural, observasi visual, dan melakukan sampling test ATP di bandara tersebut. Hasilnya, Bandara Fiumicino (FCO) atau juga dikenal dengan sebutan Leonardo Da Vinci International Airport itu mendapat rating sebagai bandara bintang 5 Anti Covid-19.

Padahal, FCO merupakan bandara paling tersibuk yang ada di Italia. Lantas seperti apa penerapan protokol kesehatan di bandara tersebut?

Pada 1 September lalu, FCO dilaporkan menyediakan area khusus seluas 650 meter persegi untuk dijadikan lokasi tes Covid-19. Mereka juga dikabarkan bekerjasama dengan Palang Merah Italia guna memenuhi seluruh kebutuhan yang berkaitan dengan isu kesehatan.

Tak hanya itu, selain menyediakan fasilitas tes Covid-19 yang cepat, Skytrax juga memberikan nilai tambah pada bandara ini karena juga menyiapkan fasilitas yang memudahkan para pengunjung.

 

Mulai dari papan petunjuk yang mudah dibaca dalam berbagai bahasa, penegakkan ketat penggunaan masker, staf kebersihan yang rutin mensterilkan area, serta efisiensi waktu jadwal penerbangan.

Sebagai tambahan, Skytrax juga memberikan rating bintang 3 bandara anti Covid-19 untuk Málaga-Costa del Sol Airport (AGP) di Spanyol, Nice Côte d'Azur Airport (NCE) di Prancis, and London's Heathrow (LHR) di Inggris.

Selanjutnya, Skytrax berencana melakukan 'sidak' di kawasan Amerika Utara, Timur Tengah, dan Asia pada musim gugur tahun ini.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini