7 Tips Traveling Aman dan Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 406 2292442 7-tips-traveling-aman-dan-sehat-di-tengah-pandemi-covid-19-diaGMiAfzg.jpg ilustrasi (stutterstock)

DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di mana sejumlah objek wisata diizinkan beroperasi lagi, dengan protokol kesehatan yang ketat. Nah, sebagian dari Anda mungkin sudah berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata.

Namun di tengah pandemi Covid-19, dibutuhkan persiapan yang sangat matang guna meminimalisasi risiko penularan. Termasuk mencari informasi seputar destinasi tujuan, serta kebijakan dan protokol kesehatan apa saja yang diterapkan.

Di samping itu, Anda juga harus membekali diri dengan perlengkapan tambahan seperti masker, hand sanitizer, tisu disinfektan, serta menjaga jarak sosial. Anda memang dituntut untuk tetap waspada demi mencegah penularan Covid-19.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Negeri di Atas Awan di Indonesia

Nah, berikut ini Okezone rangkum 7 tips traveling di tengah pandemi Covid-19 agar tetap aman dan sehar, Senin (12/10/2020).

Lakukan riset singkat 

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apakah destinasi yang Anda tuju aman dari pandemi Covid-19? Bila kasus positif di destinasi tersebut terbilang tinggi, lebih baik rencanakan ulang perjalanan Anda. Karena tidak ada tempat yang lebih aman selain tinggal di rumah sendiri.

Teliti sebelum reservasi hotel 

Sejak pandemi Covid-19 melanda, industri perhotelan sebetulnya telah menyadari, banyak wisatawan yang enggan berwisata karena takut tertular virus tersebut. Namun belakangan, sudah banyak hotel-hotel yang mengikuti anjuran pemerintah.

Baca juga: 6 Pulau Belum Berkembang Layak Jadi Destinasi Wisata, Apa Saja?

Beberapa di antaranya bahkan membuat laporan khusus pada situs resmi, demi menginformasikan kepada calon pengunjung, upaya apa saja yang telah dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Bawa hand sanitizer dan disinfektan

Mungkin terdengar klise, namun benda ini dapat digunakan sebagai pengganti sabun dan air ketika Anda kesulitan menemukan wastafel, atau bahkan toilet. Selain itu, tidak ada salahnya membawa disinfektan bila Anda memutuskan untuk traveling menggunakan kendaraan pribadi. Bersihkan permukaan yang sering disentuh seperti setir dan gagang pintu.

ilustrasi

Selalu bawa masker cadangan

Selama perjalanan, Anda tentu membutuhkan waktu beristirahat. Bagi yang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang maupun kereta, para ahli kesehatan merekomendasikan untuk membawa masker cadangan.

Alat pelindung diri ini harus selalu dipakai saat berada di tempat umum di mana potensi paparan Covid-19 terbilang tinggi.

Atur jadwal

Khusus di tempat-tempat umum seperti pasar dan kamar kecil, para ahli merekomendasikan untuk berkunjung pada waktu-waktu tertentu untuk menghindari kerumunan massa. Anda bisa datang di pagi hari, atau tepat sesaat pasar dibuka.

Tentunya jumlah pengunjung belum terlalu padat seperti di jam-jam sibuk antara pukul 07.00– 10.00 pagi waktu setempat. 

Bawa bekal dan obat 

Siapkan bekal makanan dan air yang cukup untuk perjalanan Anda. Disarankan membawa makanan yang tidak cepat basi, sebagai persiapan bila nantinya tidak ada restoran atau tempat makan buka. Jangan lupa membeli obat-obatan yang sekiranya dapat menunjang perjalanan Anda.

Selalu waspada 

Jangan lengah saat berada di tempat atau fasilitas umum. Ingat, setiap orang memiliki kemungkinan untuk menyebarkan virus corona, bahkan tanpa mengalami gejala sama sekali.

Jadi bagi Anda yang mungkin sudah lanjut usia, dan memiliki penyakit penyerta, sebaiknya pertimbangkan lagi bila hendak bepergian. Tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari penyebaran virus tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini