Viral Replika Taman Nasional Way Kambas di Australia, Begini Tampilannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 408 2292240 viral-replika-taman-nasional-way-kambas-di-australia-begini-tampilannya-uwXSzSte1O.JPG Taronga Zoo, kebun binatang di Sydney, Australia (Foto: Instagram/@tarongazoo)

JAGAT maya kembali dihebohkan oleh sebuah video viral yang menampilkan objek wisata berkonsep unik di Australia. Menariknya, desain interior dan dekorasi tempat ini terinspirasi dari salah satu objek wisata Indonesia yakni, Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Nah, dalam video tersebut, sang kreator yang diketahui bernama Cila (@rapuncila), tampak membagikan detik-detik saat dirinya memasuki area wisata. Namun di depan pintu masuk, Cila sempat mampir sejenak untuk menunjukkan beberapa pemandangan menarik yang ternyata sukses menyita perhatian netizen Indonesia.

Bagaimana tidak, di area tersebut terdapat beberapa dekorasi yang memang sengaja dibuat mirip dengan tampilan objek-objek wisata di Indonesia pada umumnya. Mulai dari konter handphone, bengkel motor dan tambal ban, gerobak mi ayam, toko bangunan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, di sekitar area ini juga sengaja dibangun replika rumah-rumah warga lengkap dengan tampilan halaman depan yang super mirip dengan daerah asalnya. Tampilan teras rumah dan pepohonan di sekitarnya pun menyuguhkan nuansa yang Indonesia banget!

Begitu pula dengan tampilan gapura atau pintu masuk menuju taman nasional. Bentuknya terlihat sangat mirip lengkap dengan hiasan logo Taman Nasional Way Kambas dan palang pintu berwarna hitam putih.

Pemandangan ini sontak mencuri perhatian netizen Indonesia. Terlebih setelah dibagikan ulang oleh akun Twitter @eldidito. Sebagian besar tidak menyangka bahwa objek wisata tersebut berada di Australia.

"Bule-bule gak usah jauh-jauh ke Indonesia, sudah ada wisata instagramable mirip Indonesia di Australia," tulis akun @ShofwanMuis.

"Hah beneran detail banget wkwk," tulis akun @kikinderjoy.

Hasil penelusuran Okezone, objek wisata yang disambangi Cila dan temannya itu ternyata merupakan bagian dari Taronga Zoo Sydney, Australia. Taman Nasional Way Kambas menjadi salah satu spot yang disediakan pihak pengelola bagi wisatawan yang hendak melihat langsung Harimau Sumatra. Spot ini diresmikan pada 2017 lalu.

Melansir Nikkei Asia, Senin (12/10/2020), selama bertahun-tahun, Taronga Zoo memang telah banyak membantu perkembangan Taman Nasional Way Kambas. Mereka mengirimkan dokter hewan untuk melakukan prosedur medis pada badak, serta memberikan pelatihan kepada penduduk setempat untuk menjadi pemandu wisata yang handal.

"Ini adalah bentuk dukungan kami kepada Indonesia. Dan kami sangat menghargai berbagai pihak yang telah berusaha keras melestarikan lingkungan," ujar Kepala Eksekutif Taronga Zoo, Cameron Kerr.

Sekadar informasi, Tarona Zoo Sydney merupakan kebun binatang terbesar di Australia yang yang pertama kali dibuka pada tanggal 7 Oktober 1916. Kebun binatang ini memiliki lahan seluas 28 hektare dan menjadi tuan rumah bagi lebih dari 4.000 hewan dari 350 spesies.

Lokasinya hanya berjarak 12 menit dari Kota Sydney menggunakan kapal feri. Tiket masuk Tarona Zoo Sydney dibanderol seharga Rp400 ribuan per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini