Pesona Wisata Air Terjun 6 Tingkat Instagramable di Yogyakarta

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 12 408 2292252 pesona-wisata-air-terjun-6-tingkat-instagramable-di-yogyakarta-zOLtJMM3OQ.jpeg Sabo Dam Grojongan Watu Purbo di Bangunrejo, Sleman, Yogyakarta (Foto mediacenter.slemankab.go.id)

SABO Dam Grojogan Watu Purbo awalnya dibangun untuk menahan laju aliran erupsi Gunung Merapi. Tapi, belakangan lokasi di Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini sempat viral dan jadi objek wisata favorit warga lokal.

Panorama Sabo Dam Grojogan Watu Purbo menawarkan wisata alam dengan air terjun 6 tingkatan dan airnya mengalir jernih di sela bebatuan. Pemandangan sekelilingnya adalah pepohonan hijau di kaki Gunung Merapi. Ini salah satu spot instagramable.

Banyak orang datang ke Sabo Dam Grojogan Watu Purbo untuk menikmati pemandangan alam dengan gemericik air dan berfoto atau selfie di sekitar air terjun lalu mengunggahnya di media sosial.

Baca juga: Deretan Cafe Terunik di Dunia, Suguhkan Sensasi Gempa hingga Serba Hello Kitty

Ada juga yang mandi bersama di bawah air terjun. Anda juga bisa menelusuri setiap tingkatan air terjun, menyaksikan guyuran air dari jembatan. Grojogan Watu Purbo juga aman untuk dikunjungi anak–anak.

Jika Anda memiliki drone, maka lokasi ini akan sangat keren kelihatannya bila difoto dari atas. Akan terlihat air terjun dengan pemandangan hijau di sekelilingnya dan Gunung Merapi berdiri gagah di belakangnya.

Sabo Dam Grojogan Watu Purbo dibangun oleh pemerintah pada 1975 sebagai pengendali lahar dingin atau penahan aliran erupsi Gunung Merapi di Sungai Krasak agar tak sampai ke permukiman. Sekaligus menjadi sumber air bagi masyarakat.

Sejak 2017, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bangunrejo menata dan mengembangkan Sabo Dam Grojogan Watu Purbo menjadi objek wisata.

“Ini sebenarnya sudah lama sudah dibangun dari tahun 70, kemudian perbaikan-perbaikan terakhir rehabilitasi itu tahun 90," kata Yosiandi Radi Wicaksono, Kepala Bidang PJSA BBWS Serayu Opak dikutip dari video Youtube Official iNews, Senin (12/10/2020).

Pada 2019, air terjun ini viral di media sosial, yang membuat banyak orang datang ke sini dan jadi salah satu objek wisata paling populer dan kekinian di kalangan wisatawan lokal.

Baca juga: 6 Pulau Belum Berkembang Layak Jadi Destinasi Wisata, Apa Saja?

Grojogan Watu Purbo merupakan salah satu dari banyaknya Sabo Dam yang berada di sekitar Gunung Merapi.

“Kalau dari Merapi sendiri ada ratusan, ada lebih dari 200 Sabo Dam. Tahun ini juga kita masih merencanakan 90 lagi,” kata Yosiandi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini