Hong Kong Meluncurkan Protokol Kesehatan Pariwisata

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 406 2293533 hong-kong-meluncurkan-protokol-kesehatan-pariwisata-EuwlhiR8yl.jpg Hong Kong (Freepik)

PEMERINTAH Hong Kong meluncurkan standarisasi protokol kesehatan guna menjamin keamanan warga maupun wisatawan selama pandemi Covid-19. Hal ini dalam rangka membangkitkan kembali bisnis pariwisata yang terpuruk akibat serangan virus corona.

Dewan Pariwisata Hong Kong (HKTB) sangat aktif dalam menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan yang didukung peralatan canggih.

Mereka meluncurkan standarisasi protokol kesehatan dengan kemitraan bersama Hong Kong Quality Assurance Agency (HKQAA), salah satu lembaga penilaian kualitas terkemuka di Hong Kong.

 Baca juga: Hong Kong Siapkan Sistem Perjalanan Bebas Karantina dengan Makau dan Guangdong

Protokol ini menyediakan seperangkat pedoman terpadu tentang langkah- langkah kebersihan, kesehatan dan anti-epidemi untuk industri pariwisata yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengunjung, sehingga Hong Kong siap kembali menerima wisatawan.

ilustrasi

Ocean Park, salah satu tempat wisata hiburan di Hong Kong (Foto Hong Kong Tours)

“Pandemi Covid-19 telah membawa keadaan new normal ke lanskap pariwisata. Di era baru ini, kesehatan serta keselamatan akan menjadi prioritas bagi pengunjung. Telah banyak biro perjalanan dan organisasi pariwisata internasional yang menerapkan pedoman kebersihan dan kesehatan, protokol anti epidemi, dan standarisasi protokol kebersihan di setiap sektor," ujar Dr. YK Pang, Ketua HKTB dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (14/10/2020).

Pang menambahkan bahwa program ini juga bertujuan untuk memberikan pesan kepada para turis bahwa berbagai sektor industri di Hong Kong sangat mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keselamatan.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Instagramable di Hong Kong

"Setelah kami berkonsultasi pada mitra dagang HKTB, saya sangat senang karena lebih dari 1.800 lini bisnis dan outlet memberikan penilaian positif dan ketertarikan pada protokol yang kami luncurkan hari ini," tambahnya.

 

Selain meluncurkan standarisasi protokol kesehatan pariwisata, HKTB akan memperkuat promosi pada langkah-langkah anti-epidemi yang diambil oleh industri pariwisata dan sektor terkait untuk membangun citra pariwisata yang sehat dan aman, yang akan meningkatkan kepercayaan pengunjung dalam berkunjung ke Hong Kong.

Baca juga:  10 Bangunan Terkenal Paling Ikonik di Singapura dan Kisah di Baliknya

Protokol tersebut mencakup pusat perbelanjaan, hotel, restoran, toko ritel, perusahaan bus, atraksi pariwisata, travel agent, dan banyak lagi.

Bisnis dan outlet yang berpartisipasi diharuskan untuk mematuhi serangkaian tindakan kebersihan dan anti epidemi (lihat lampiran). Setelah lulus penilaian, detail bisnis dan outlet akan diunggah ke laman resmi milik HKQAA.

Para pemilik bisnis dan outlet dapat menampilkan logo yang untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap protokol. Selanjutnya, HKQAA akan melakukan inspeksi secara mendadak, untuk memeriksa apakah mereka yang telah terdaftar sudah melalukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini