Pesona Tebing Mariporoco dan Air Terjun Kahatola, Surga Wisata di Halmahera Barat

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 22:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 408 2294201 pesona-tebing-mariporoco-dan-air-terjun-kahatola-surga-wisata-di-halmahera-barat-l0De1NYj50.jpg Mariporoco, Halmahera Barat (Facebook GO-In Tim)

KABUPATEN Halmahera Barat, Maluku Utara memiliki pantai-pantai cantik berlatar pegunungan hijau. Dengan pulau-pulau kecil yang indah, Halmahera Barat menawarkan ragam pesona wisata. Di antaranya Tebing Mariporoco dan Air Terjun Kahatola.

Tebing Mariporoco di Kahatola, Kecamatan Loloda bagaikan miniatur Raja Ampat. Tebing batu ini salah satu keunikan fenomena geologi yang terbentuk dari endapan vulkanik berupa lahar, lava, dan abu vulkanis dari Gunung Jailolo yang diyakini meletus sebelum tahun 1600.

Tebing-tebing batu yang di atasnya diselimuti tumbuhan hijau berdiri kokoh di atas perairan biru kehijauan. Pemandangan ini akan semakin memukau jika di lihat dari ketinggian. Lokasi ini sangat instagramable sehingga sering jadi spot foto bagi wisatawan.

Baca juga:  Deretan Wisata Hutan Mangrove di Pulau Jawa Cocok untuk Liburan Keluarga

“Pemandangan di sini memang luar biasa cantik, laut lepas dan ada gunung yang besar di belakang sana, Tolamadu,” kata presenter Geopark Indonesia Truly Christina saat berkunjung ke Tebing Mariporoco seperti dikutip dari video Youtube iNews Magazine, Kamis (15/10/2020).

Selain Tebing Mariporoco, ada juga keunikan lanskap alam lainnya yaitu Air Terjun Kahatola. Keunikannya, Air Terjun Kahatola ini bukan berasal dari aliran sungai, namun air terjun ini terbentuk dari rembesan air hujan dan embun yang ada di sebuah cekungan, sehingga debit airnya tergantung dari curah hujan di daerah tersebut.

 

Aliran Air Terjun Kahatola akan langsung mengalir ke laut, di sini Anda bisa merasakan langsung berendam di air laut dengan guyuran air terjun yang segar.

“Wah airnya segar banget, setelah tersengat matahari seharian ini refreshing banget buat saya. Dan biasanya saya berenang di air terjun di air tawar, tapi ini di air asin,” tutur Truly Christina.

 Baca juga: Sejuta Pesona Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Sultra

Jika dilihat kontur bebatuan yang ada di Air Terjun Kahatola sama dengan bebatuan di Tebing Mariporoco. Panorama Air Terjun Kahatola ini sangat cantik dan memukau sehingga menjadi primadona di Halmahera Barat.

Dari Tebing Mariporoco hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di Air Terjun Kahatola.

Perpaduan keunikan serta keindahan dari Tebing Mariporoco dan Air Terjun Kahatola, membuat Halmahera Barat berpotensi dijadikan sebagai taman bumi nusantara.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini