Thailand Surganya Kuliner Pedas, Ini 6 Pilihannya

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 301 2295471 thailand-suraganya-kuliner-pedas-ini-6-pilihannya-RUzEe6kYge.jpg Ayam pedas kemangi khas Thailand. (Foto: Toptravelfoods)

KULINER Thailand identik dengan cita rasa pedas. Ada banyak jenisnya, dengan taburan rempah-rempah khas negara ini.

Cita rasa kuliner Thailand yang pedas yang disajikan hampir memiliki sentuhan tradisional. Semuanya mampu menggoyang lidah Anda.

Dilansir dari Top Travel Foods, ada sederet kuliner Thailand dengan rasa pedas yang dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Thailand. Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

Gaeng Tai Pla

kuliner

Jika Anda berkunjung ke Thailand, ingatlah bahwa semakin jauh Anda pergi ke bagian selatan negara ini, maka semakin Anda membakar mulut Anda. Makanan Thailand paling pedas salah satunya adalah Gaeng Tai Pla, merupakan kari super pedas dengan usus ikan fermentasi.

Anda dapat menemukan hidangan legendaris ini di setiap restoran Thailand Selatan. Rasa kari itu sendiri tidak sekuat kedengarannya, hidangan ini memiliki rasa amis dan sangat pedas tetapi cukup lezat. Jika Anda siap menghadapi tantangan dan Anda percaya Anda dapat menangani makanan pedas, Gaeng Tai Pla adalah makanan yang harus Anda coba.

Baca Juga: Asyiknya Body Rafting di Green Valley Citumang, Pangandaran

Khua Kling

Khua Kling adalah kari kering, yang berarti bahwa dagingnya dimarinasi dalam pasta kari tetapi tidak akan menghilangkan rasa santan dan gula aren.

Di atas hidangan ini terdapat serai, cabai dan daun jeruk nipis kemudian disajikan dengan berbagai sayuran segar sesuai selera. Khua Kling sedikit mirip dengan kari Thailand, tetapi kering dan pekat, namun tidak kalah lezat. Di Bangkok, ada restoran bernama Khua Kling Pak Sod yang menjual makanan Thailand Selatan yang pedas. Di sinilah Anda bisa mencicipi Khua Kling itu.

Pad Kra Pao

Pad Kra Pao atau Som Tam merupakan tumisan dengan kemangi, bawang putih, cabai, saus tiram dan bumbu lainnya. Pad Kra Pao, atau orang asing menyebutnya ayam tumis kemangi ini dapat Anda temukan di setiap restoran. Tingkat kepedasannya pun bisa disesuaikan dengan pelanggan.

Gaeng Pa

 kari

Makanan ini berasal dari kawasan hutan Thailand. Berbeda dengan kari Thailand lainnya, Gaeng Pa tidak mengandung santan. Sebaliknya, kari sering kali lebih encer dan jauh lebih pedas daripada kari lainnya, karena santan menyeimbangkan rasa makanan ini. Dengan penggunaan bahan-bahan herbal yang banyak, menjadikan Gaeng Pa salah satu kari paling harum yang ditawarkan masakan Thailand.

Nam Phrik

Nam Phrik merupakan saus pedas yang dibuat dengan rempah-rempah umum seperti cabai, bawang putih, jeruk nipis, pasta ikan dan bawang merah. Biasanya disajikan dengan berbagai sayuran segar atau dengan ikan, unggas dan daging. Setiap wilayah di Thailand memiliki jenis saus yang berbeda dan tingkat kepedasan sangat bervariasi.

Dalam masakan Thailand Utara, Nam Phrik tidak terlalu pedas dan disajikan dengan berbagai macam sayuran. Di bagian Selatan Thailand, saus ini menjadi jauh lebih pedas dan membuat lidah benar-benar terbakar.

Som Tam

Salad Thailand yang paling terkenal adalah Som Tam, atau seperti salad pepaya. Som Tam merupakan salah satu hidangan Thailand paling pedas, yang dapat Anda pesan dan tersedia di setiap restoran Thailand di seluruh negeri. Ada banyak versi berbeda yang tersedia dari salad populer ini, misalnya mengandung saus ikan yang difermentasi, kepiting acar, siput air tawar atau acar rebung. Som Tam memiliki rasa manis dan asam yang nyaman di lidah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini