Curug Muncar, "Bidadari" Cantik yang Bikin Hati Bergetar!

Chotimah, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 408 2295386 curug-muncar-bidadari-cantik-yang-bikin-hati-bergetar-xqaedx4ASs.JPG Curug Muncar di Purworejo, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@landscapephotohub)

WISATA air terjun mendapat tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Ya, selain menyuguhkan keindahan alam, wisata air terjun atau curug juga menyehatkan karena asri dan kaya akan oksigen yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah memiliki sejumlah destinasi curug, yang mana salah satunya Curug Muncar.

Air terjun ini kaya akan keindahan alam memikat bak bidadari cantik turun dari langit. View pepohonan hijau dan gemericik air di sekitarnya sungguh sangat memanjakan mata siapapun yang menyaksikannya.

Wajar saja jika Curug Muncar ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Wisata alam ini berlokasi Desa Kaliungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo.

Untuk mencapai ke lokasi tidaklah mudah. Diperlukan perjuangan keras dengan melalui jalanan yang berkelok, sempit dan curam.

Baca juga: Kemenparekraf Siapkan Program Diskon Pariwisata Tahun Depan

Curug Muncar

(Foto: Instagram/@aminsyahlevi)

Namun jangan khawatir, permukaan jalan sudah diaspal tidak lagi dipenuhi bebatuan. Meski begitu pengunjung diimbau agar tetap berhati-hati apalagi di musim hujan karena permukaan jalan pastinya licin.

Selain pesona air terjun, di lokasi ini juga menyediakan beberapa fasilitas seperti camping ground yang dilengkapi dengan pendopo, MCK, tempat bermain dan pos jaga. Panorama yang disuguhkan Curug Muncar pun memiliki sejumlah spot instagramable bagi para pecinta alam.

Berpose dengan latar belakang air terjun yang turun deras yang dikelilingi pepohonan hijau dan burung-burung yang terbang di sekitarnya akan menambah kepuasan tersendiri.

"Curug Muncar ini merupakan tempat wisata yang sangat luar biasa. Walaupun kita ke sini ada rasa capek tapi setibanya di sini kita akan disuguhkan pemandangan yang asri, untuk kesini hanya dikenakan biaya Rp7.000 saja, " kata seorang wisatawan, Ama Mustolifah dikutip dari channel YouTube MNCTV, Minggu (18/10/2020).

Jika Anda berkunjung saat musin kemarau, air curug ini terlihat sangat jernih. Suasananya pun asri, karena pepohonan di sekitarnya belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil.

"Curug Muncar ini merupakan destinasi wisata yang sangat menakjubkan yang mungkin patut dikunjungi oleh semua wisatawan dari berbagai daerah," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Curug Muncar, Hasanudin.

Demi kenyamanan dan keamanan, pengunjung diimbau mengenakan alas kaki. Sebab, di beberapa trek terdapat bebatuan dan kontur jalan sedikit terjal sehingga harus ekstra berhati-hati.

Adapun tarif masuk ke wisata Curug Muncar ini pengunjung hanya dikenakan biaya retribusi Rp5.000 saja. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini