Eksotisme Pulau Pengalap di Perbatasan Malaysia dan Singapura

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 408 2295592 eksotisme-pulau-pengalap-di-perbatasan-malaysia-dan-singapura-gCjl3ZMGa4.jpg Pulau Pengalap. (Foto: YouTube Lintas iNews)

KEPULAUAN Riau terkenal dengan jajaran pulau eksotis dan indah untuk dikunjungi. Salah satunya Pulau Pengalap, di pulau ini terdapat sebuah kawasan wisata baru yang harus dikunjungi yaitu Kepri Coral.

Meski Pulau Pengalap telah dibuka, namun kawasan ini sangat disiplin menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung. Untuk menuju kawasan wisata tersebut harus menempuh perjalanan dari darat sekira 45 menit dari Kota Batam, dan 45 menit perjalanan laut menggunakan kapal feri.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Pengalap, protokol kesehatan atau CHSE yakni Clean, Healthy, Safety, Environment diterapkan sangat ketat. Wisatawan harus mematuhinya!

Pulau Pengalap yang merupakan salah satu gugusan pulau Abang di Galang, kepulauan Riau. Kawasan ini mendapat dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), untuk kembali dibuka di tengah pandemi Covid-19 dengan adaptasi kebiasaan baru.

Baca Juga: Asyiknya Body Rafting di Green Valley Citumang, Pangandaran

Upaya ini perlu dilakukan sebagai langkah pemulihan ekonomi di sektor pariwisata. Apalagi kepulauan Riau menjadi salah satu destinasi wisata internasional.

"Kita lihat lokasi atau destinasi ini sangat strategis, jangka waktu tempuhnya itu dari Singapura yaitu 1 jam, dari Malaysia 1 jam. Jadi betul-betul apa namanya, masuk dalam rencana liburan mereka," kata Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1 Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, dikutip dari video channel YouTube Lintas iNews.

Pulau Pengalap memiliki luas lahan 350 hektar. Kawasan ini menjadi pulau percontohan di Batam, yang berstatus Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata.

Di Kepri Coral memiliki daya tarik yang sangat menarik. Seperti restoran apung yang memiliki aquarium bawah laut yang mengagumkan, pantai dengan fasilitas yang cukup lengkap, dan hutan mangrove yang asri.

Diharapkan pandemi virus corona ini cepat berlalu agar para wisatawan dapat berkunjung dengan tenang dan aman ke destinasi yang baru ini. Hal itu disampaikan oleh Manajer Lapangan Kepri Coral Rudianto.

"Semoga pandemi corona ini cepat berlalu, dan bisa semua masyarakat Indonesia terutama Kepri untuk dapat berlibur dengan tenang," ujar Rudianto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini