Pesona Taman Nasional Ba Be, Surga Wisata Alam dan Rumah 1.268 Spesies

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 408 2296125 pesona-taman-nasional-ba-be-surga-wisata-alam-dan-rumah-1-268-spesies-OjRRNfpwg7.jpg Taman Nasional Ba Be Vietnam (babenationalpark.com.vn)

TAMAN Nasional Ba Be salah satu destinasi wisata Vietnam yang disukai para pecinta alam, pendaki gunung atau kegiatan outdoor. Terletak di Provinsi Bac Can, taman seluas 23.000 hektare ini memiliki keindahan alam menakjubkan.

Lembah, gua, sungai, air terjun, danau besar, dan hutan tropis jadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Ba Be. Taman ini sudah ditetapkan sebagai kawasan lindung pada 1992 oleh pemerintah Vietnam dan Organisasi Taman Warisan ASEAN.

Hutan Ba Be menyimpan keanekaragaman flora fauna yang unik dan pegunungan kapur cantik.

Baca juga: 5 Taman Nasional Dihuni Hewan Langka Indonesia

Mengutip dari Vietnam Travel, Senin (19/10/2020), Taman Nasional Ba Be memiliki 1.268 spesies; 470 spesies vertebrata dan 106 spesies ikan.

Banyak tanaman berharga dan langka yang tercatat di Buku Merah Vietnam dan Dunia ada di sini seperti, nghien, dinh, lim, truc day dan lat hoa. Truc day adalah bambu khas Ba Be yang sering tumbuh di atas tebing, dan menciptakan pemandangan sangat indah.

Taman Nasional Ba Be sebagian dihuni oleh suku Tay, salah satu kelompok etnis minoritas terbesar di Vietnam Utara. Kawasan ini juga menjadi rumah bagi suku, Muong, Zhao, Viet Kinh, dan Flower H’mong.

Taman Nasional Ba Be memiliki danau air tawar terbesar dan tertinggi di Vietnam. Letaknya di 178 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan panjang 8 kilometer dan lebar 500 meter. Namanya Danau Ba Be, yakni tiga danau yang bersambungan; Danau Pe Lam, Pe Lu dan Pe Leng.

Danau Ba Be menyajikan pemandangan memukau. Pancaran air terjun beberapa aliran dan bertingkat keluar dari sela bebukitan hijau. Ada sungai dengan air biru kehijauan. Lembah, tebing batu, dan goa adalah panorama yang eksotis.

Baca juga: Inilah 5 Tempat Paling Menakjubkan di Dunia

Air terjun yang terdapat di danau Ba Be meliputi Air Terjun Dau Dang, Gua Puong dan Kolam Tien. Aktifitas lain yang bisa dilakukan pengunjung adalah bersepedah, memancing, dan melihat budaya lokal suku yang tinggal disana.

Taman Nasional Ba Be bisa diakses dengan perjalanan darat sekitar 6 jam dari Hanoi. Moda transportasinya tersedia bus umum. Atau bisa menyewa kendaraan.

Ada banyak homestay yang di sediakan oleh penduduk lokal bagi wisatawan yang datang, walaupun sederhana tetapi tempatnya bersih dan nyaman, dengan harga yang terjangkau.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini