Eksotisnya Batu Dinding, Wisata ala Tembok China di Kukar

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 408 2296186 eksotisnya-batu-dinding-wisata-ala-tembok-china-di-kukar-YlEAW8bh8w.jpg Batu Dinding di Bukit Merdeka, Kutai Karnanegara, Kalimantan Timur (Instagram @wildan_az)

TEMBOK Besar China atau The Great Wall merupakan salah satu keajaiban dunia. Indonesia juga punya situs wisata serupa meski tak sama, namanya Batu Dinding yang berada di atas bukit dan dikelilingi hamparan hutan hijau.

Batu Dinding terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar), Kalimantan Timur atau sekitar 55 kilometer dari Balikpapan.

Dikatakan mirip dengan Tembok China karena berada di bukit setinggi 150 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berupa jalan setapak dengan lebar 1 hingga 1,5 meter yang terbentuk secara alami dari bebatuan cadas. Kiri kanannya jurang dan hamparan hutan.

Baca juga: 5 Museum Ini Sangat Cocok untuk Orang Hobi Membaca dan Menulis

Pada waktu tertentu seperti pagi dan sore, kabut menyelimuti wilayah ini sehingga sangat eksotis. Batu Dinding juga spot menarik untuk menikmati sunrise maupun sunset. Traveler juga bisa berkemah di sekitar kawasan ini.

Tapi, saat musim hujan tidak direkomendasikan naik ke Dinding Batu karena jalannya licin, sehingga sangat berbahaya.

Objek wisata Batu Dinding terkenal setelah ada sekelompok mahasiswa dari Bandung, Jawa Barat membuat penelitian tentang batu-batuan untuk skripsi. Kemudian informasinya menyebar cepat dan menarik minat wisatawan lokal berkunjung. Sejak 2015, lokasi ini jadi cagar alam.

Walaupun akses menuju tempat ini agak sulit, tetapi tidak menyurutkan niat pengunjung untuk melihat dan merasakan bukit yang mirip dengan tembok besar di China.

Baca juga: Eksotisme Pulau Pengalap di Perbatasan Malaysia dan Singapura

“Teman–teman dari berbagai daerah di Indonesia sudah sering ke sini, kenapa? Karena di tengah hutan seperti ini tiba–tiba ada bukit dengan lebar 1 hingga 1,5 meter berdiri bebatuan yang tersusun secara acak namun eksotis,” ujar Syafruddin Pernyata, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur seperti dikutip dari video GTV News, Senin (19/10/2020).

Untuk mencapai Batu Dinding, pengunjung harus mendaki lereng bukit sejauh 1 kilometer. Namun tak perlu khawatir, rasa lelah yang ada akan terbayarkan begitu sampai di tempat yang membentang sepanjang 200 meter ini. Bagi Anda pendaki pemula, sangat cocok untuk menjelajahi tempat ini.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini