Bendung Cikoncang, Destinasi Wisata Alternatif Selama Pandemi

Chotimah, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 408 2296340 bendung-cikoncang-destinasi-wisata-alternatif-selama-pandemi-RGhiKJSb97.JPG Danau Cikoncang di Lebak, Banten (Foto: Instagram/@saefullah_14)

WILAYAH Kabupaten Lebak, Banten dikenal memiliki objek wisata pantai yang indah. Namun, potensi wisata yang ada di kabupaten ini tidak melulu seputar pantai dan laut saja.

Masih terdapat tempat yang bisa menjadi alternatif wisata jika Anda merasa bosan dengan wisata pantai yakni wisata buatan warga berupa danau yang masyarakat lokal menyebutnya Bendung Cikoncang.

Bendung Cikoncang merupakan salah satu bendungan yang cukup besar dan menjadi salah satu objek wisata di Kampung Pasir Nangka, Desa Ketapang Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

Masyarakat yang kemudian menamainya Danau Cikoncang kini menjadi objek wisata alternatif paling digemari warga lokal selama pandemi Covid-19.

Berbagai aneka permainan air dan perahu tradisional disajikan pengelola agar pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan aneka ikan air tawarnya. Hal ini membuat Danau Cikoncang menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi.

Baca juga: Kampung Flory, Destinasi Wisata Edukasi Cocok untuk Liburan Keluarga

Danau Cikoncang

(Foto: Instagram/@saifullah_14)

Semula danau ini berfungsi sebagai tempat cadangan air untuk wilayah sekitarnya seperti kebutuhan rumah tangga dan pertanian.

Seiring dengan waktu, danau ini turut dimanfaatkan warga sebagai budidaya ikan air tawar dalam keramba. Oleh karenanya, lebih dari satu tahun objek wisata ini mampu meningkatkan denyut ekonomi warga sekitar.

Selain itu, pengunjung dibuat kagum akan pemandangan alam yang masih asri saat mengelilingi danau seluas 2.000 hektare ini. Beragam aneka wahana air yang disuguhkan oleh pengelola seperti sepeda air, rakit dan perahu. Pengelola juga menyediakan fasilitas lain seperti tempat parkir, musala dan toilet.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa bermain dengan ikan air tawar yang dapat dijadikan santapan menu makan yang didapat dari Bendungan Cikoncang.

Pengunjung hanya mengeluarkan biaya Rp10.000 untuk berlibur di sini. Oleh karena itu, wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari berbagai daerah.

"Wisata di sini tempatnya sejuk dan nyaman, apalagi aneka makanannya seperti ikannya yang enak dan harganya terjangkau," ucap seorang pengunjung, Maya seperti dikutip dari channel YouTube MNCTV, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, salah satu pedagang bernama Syahrosi yang menyuguhkan kuliner ikan air tawar dan paket nasi liwet ini mengatakan, meski kedainya terkadang ramai pengunjung, Ia tetap menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah pengunjung.

"Alhamdulillah, kita membuka kembali wisata ini dengan menerapkan sistem protokol kesehatan di mana pengunjung akan di cek suhu lalu mencuci tangan dan juga mengimbau untuk jaga jarak," kata Syahrosi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini