5 Pasar Terbaik untuk Membeli Souvenir di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 408 2296483 5-pasar-terbaik-untuk-membeli-souvenir-di-jawa-tengah-dan-yogyakarta-mDAzx01fUe.jpg Pasar Triwindu, Solo, Jawa Tengah (pariwisatasolo.surakarta.go.id)

JAWA Tengah memiliki banyak hal yang ditawarkan, mulai dari pemandangan alam memukau dan masakan lokal yang lezat hingga warisan budaya unik. Namun, perjalanan ke Jawa Tengah tidak akan lengkap tanpa sedikit berbelanja baik untuk oleh-oleh atau koleksi pribadi.

Jawa Tengah memiliki sederet tempat belanja untuk memanjakan shopaholic dalam diri Anda.

Melansir dari Indonesia Travel, Selasa (20/10/2020), ada banyak toko di setiap sudut di Jawa Tengah, tetapi setidaknya ada 5 pasar yang disebutkan di bawah ini yang merupakan tempatnya mencari kerajinan tangan dan souvenir dengan harga yang bersahabat dengan kantong.

Baca juga: 7 Sentra Kerajinan Tangan Khas Indonesia Jadi Destinasi Wisata

Beragam barang antik, batik, souvenir lokal, dekorasi rumah, furnitur, dan barang lainnya akan membuat pengalaman berbelanja Anda di Jawa Tengah semakin menyenangkan dan seru.

1. Pasar Triwindu, Solo

Berlokasi di kawasan Ngarsopuro, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Pasar Triwindu merupakan surganya para pecinta barang antik. Berjalan-jalan di pasar ini akan membawa Anda kembali ke era keemasan tahun 90-an. Menampilkan arsitektur tradisional Jawa, bangunannya terbuat dari kayu dan lorong-lorongnya dipenuhi barang-barang berusia puluhan tahun.

Pasar ini dibangun pada tahun 1936, pada masa pemerintahan K.G.P.A.A Mangkunegara VII. Anda akan menemukan banyak koleksi barang antik di sini, seperti lampu, gramofon, hiasan dinding, topeng, kamera tua, penggiling kopi, piring kaca, patung, set radio kuno, boneka, dan banyak lagi.

Terletak tepat di depan Pura Mangkunegaran, pasar ini merupakan tempat belanja populer sekaligus tujuan wisata budaya bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Pasar Klewer, Solo

Solo dikenal sebagai rumah batik Indonesia, dan Pasar Klewer adalah salah satu pasar batik terbesar di Pulau Jawa. Terletak dekat dengan Keraton Surakarta dan Masjid Agung Surakarta, pasar ini telah menjadi sentra produk tekstil terbesar di Jawa Tengah dan pusat perekonomian di Surakarta.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Sejarah di Solo, dari Keraton hingga Monumen Pers

Pasar Klewer merupakan destinasi belanja berharga bagi wisatawan yang mencari batik dengan harga terjangkau.

Terdapat lebih dari 2.000 kios di pasar dua lantai ini yang menawarkan berbagai macam koleksi batik, antara lain batik tulis, batik cap, batik antik keraton, dan batik dari berbagai daerah, seperti Banyumas, Pekalongan, Yogyakarta, Betawi, dan Madura.

ilustrasi

Pasar Klewer, Solo (pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Selain itu juga terdapat berbagai jenis pakaian, pernak pernik, peralatan dapur, emas, barang elektronik, dan kerajinan tangan dari kaca berkualitas tinggi.

3.  Yogyakarta

Pasar Beringharjo adalah tempat yang tepat untuk berbelanja saat liburan di Yogyakarta. Pasar tradisional ini telah berfungsi sebagai tempat perdagangan sejak 1758. Pasar ini cocok untuk berbelanja kerajinan tangan, karena menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang cukup murah.

Pasar Beringharjo disebut-sebut memiliki koleksi batik terlengkap di wilayahnya, baik berupa kain longgar maupun pakaian siap pakai. Selain batik, Anda juga bisa menemukan buah-buahan, sayur mayur, jajanan tradisional, jamu, dan peralatan rumah tangga di lantai dua, serta barang antik di lantai tiga.

4. Pasar Wage, Purwokerto

Dengan lahan seluas 1 hektar, Pasar Wage yang terletak di Jl. Vihara, Purwokerto Timur, merupakan pasar tradisional terbesar di Banyumas dan menjadi magnet bagi masyarakat dan wisatawan lokal.

Bangunannya memiliki dua lantai dengan ratusan kios yang menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti sembako, wewangian, buah-buahan, perhiasan, pakaian, aksesoris, dan masih banyak lagi. Di samping pasar ini juga terdapat deretan kios yang menjual perhiasan, keramik, dan produk gerabah.

Nuansa multikulturalisme bisa dengan mudah Anda rasakan di Pasar Wage yang diapit oleh sebuah vihara. Selain itu, Anda tidak akan meninggalkan pasar ini dengan keadaan lapar karena ada banyak pilihan makanan jalanan lokal yang menggugah selera seperti getuk goreng dan mendoan untuk dinikmati.

5. Pasar Johar, Semarang

Terletak di Jl. KH Agus Salim, Kauman, Kabupaten Semarang Tengah, Kota Semarang, Pasar Johar jadi pilihan unggulan untuk membeli oleh-oleh saat berlibur di Semarang. Pasar ini menawarkan kebutuhan sehari-hari dan barang beraneka ragam lainnya, seperti buah-buahan dan sayur mayur, peralatan elektronik, tekstil, aksesoris, pernak-pernik lokal, produk fashion, dan souvenir dengan harga yang terjangkau.

Untuk memaksimalkan kunjungan Anda ke pasar Johar, Anda dapat mengunjungi pusat keramik di sekitarnya yang menjual produk keramik berkualitas tinggi yang indah seperti peralatan makan, aksesori rumah, dekorasi, dan furniture keramik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini