Libur Panjang Oktober 2020 Asyiknya Bertamasya ke Pulau Macan, Intip Keunikannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 408 2296748 libur-panjang-oktober-2020-asyiknya-bertamasya-ke-pulau-macan-intip-keunikannya-iq8JAo4AsK.jpg Pulau Macan di Kepulauan Seribu (Foto Instagram @pulaumacan)

PEMERINTAH sudah menetapkan cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW, pada 28-30 Oktober 2020. Libur panjang ini tentu saja asyiknya diisi dengan berlibur ke tempat wisata. Bagi yang berdomisili di Jabodetabek, Pulau Macan bisa jadi pilihan.

Pulau Macan berada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Dari pesisir Jakarta Utara hanya butuh sekitar 90 menit pelayaran. Meski namanya Macan, tapi pulau ini tidak ada macannya kok alias aman dari binatang buas.

Pemprov DKI Jakarta sudah membuka kembali pariwisata Kepulauan Seribu menyusul status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diturunkan ke transisi menuju adaptasi kebiasaan baru. Artinya, masyarakat sudah bisa pelesiran lagi ke pulau-pulau di wilayah administrasi DKI Jakarta itu.

Baca juga: Cuti Bersama Oktober 2020, Yuk ke Pulau Bidadari dan Nikmati 5 Hal Menarik Ini

Pulau Macan termasuk salah satu destinasi menarik dan untuk berkunjung ke sana tidak ribet. Hanya saja, wisatawan diwajibkan taat pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami akan menekankan protokol kesehatan di homestay, resort, serta di area-area di Kepulauan Seribu,” kata Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Dinas Parekraf DKI Jakarta, Puji Astuti, pekan lalu.

Protokol kesehatan dimaksud seperti wajib mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan rajin cuci tangan.

Lalu, apa saja daya tarik dan keunikan Pulau Macan hingga layak untuk disambangi?

Keindahan pantai di Pulau Macan ternyata tidak kalah lho dengan pantai-pantai yang ada di timur Indonesia. Airnya tampak jernih berwarna hijau tosca. Deburan ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk dijadikan spot snorkeling, berenang, atau sekadar bermain air.

Di sekeliling pulau ini juga ditumbuhi pepohon hijau yang rindang sehingga membuat suasana disekitarnya terasa sejuk dan nyaman.

Mengusung konsep eco resort 

Dibandingkan pulau-pulaunya lain di Pulau Seribu, Pulau Macan memang terbilang unik. Pulau ini mengusung konsep eco resort.

Baca juga: Pulau Untung Jawa Diserbu Wisatawan Domestik, Intip Keseruannya 

Bila memiliki budget berlebih, wisatawan dapat menyewa villa yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Untuk menginap di Pulau Macan ini memang terbilang cukup merogoh kocek karena Anda harus menyiapkan budget minimal Rp 1,5 juta per malam. 

Namun, lokasi kamarnya langsung menghadap ke arah laut lho, Okezoners! Jadi dapat dipastikan Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah bila cuaca bersahabat.

Nah, bagi wisatawan yang datang dengan budget pas-pasan juga tidak perlu khawatir. Pulau Macan juga memiliki beberapa spot khusus bagi mereka yang ingin bermalam menggunakan tenda pribadi.

Terbagi menjadi dua area 

Fakta menarik lainnya, Pulau Macan ternyata terbagi menjadi dua area, Pulau Macan besar dan Pulau Macan kecil. Pulau Macan Besar merupakan tempat penginapan atau resort berkonsep eco wisata berada, sedangkan Pulau Macan kecil tidak berpenghuni.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Macan. Mulai dari relaksasi, snorkeling, bermain kano, trekking, berjemur, menyaksikan sunset, coral planting, api unggun, bahkan selfie di spot-spot terbaik Pulau Macan.

Cara menuju Pulau Macan 

Anda hanya perlu mengambil kapal yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Pulau Macan di dermaga 6, Ancol, Jakarta Utara. Perjalanan ke pulau tersebut membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Kapal berangkat pada pukul 08.00 dan kembali pada pukul 14.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini