Share

5 Kuliner Yogyakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Faradilla Rachman, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 301 2297141 5-kuliner-yogyakarta-yang-tak-boleh-anda-lewatkan-WuHehHjyOv.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SAAT cuti bersama Oktober 2020 yang jatuh pekan depan apakah Anda berniat traveling ke Yogyakarta? Selain mengunjungi tempat wisatanya, jangan lupa cicipi kuliner Yogyakarta ya.

Kalau mungkin Anda hanya fokus ingin mencicipi gudeg terenak di Kota Yogyakarta itu salah besar. Ada sederet kuliner Yogyakarta yang wajib cicipi wisatawan.

Banyak kuliner Yogyakarta lainnya yang bisa Anda nikmati tidak kalah lezat dari gudeg. Apa saja? Okezone bakal mengulasnya berikut ini, ditulis Selasa (20/10/2020).

Krecek

 krecek

(Foto: Instagram @hanifah_nrm)

Krecek merupakan sambal khas Yogyakarta yang disukai banyak orang. Biasanya, krecek disandingkan dengan gudeg, karena memiliki rasa manis campur pedas, yang menambah nafsu makan Anda. Krecek dibuat dari kerupuk kulit dicampur dengan rempah, irisan tempe atau kacang merah. Di Yogyakarta hampir setiap warung makan menghidangkan krecek loh, Okezoners.

Baca Juga:  Tongseng Mentok, Kuliner Khas Pemalang yang Bikin Ketagihan

Sate Klatak

  sate

Sate Klatak adalah makanan yang berasal dari salah satu kota di Yogyakarta, yaitu Bantul. Sate ini terbuat dari daging kambing muda yang telah dibumbui garam dan dibakar di atas arang. Uniknya, hidangan ini menggunakan jeruji sepeda untuk tusukannya dan dihidangkan dengan kuah berempah.

Nama Klatak sendiri berasal sari bunyi klatak-klatak saat sate dibakar. Jika berkunjung ke Yogyakarta, terdapat warung Sate Klatak Pak JeDe Khas Jejeran yang sangat terkenal.

Oseng Mercon

oseng

Siapapun penyuka pedas, kuliner yang satu ini sangat cocok loh, Okezoners. Oseng mercon berisi olohan daging cincang yang dimasak dengan campuran cabai, sehingga rasa pedas sangat menempel sekali pada rasa kuliner tersebut.

Meskipun yang diketahui bahwa bahan dasar oseng mercon adalah daging, tapi bisa juga diganti dengan kikil dan jeroan, kemudian ditumis dengan cabai utuh dan bumbu mercon lainnya.

Belalang goreng

Kuliner yang satu ini sangat unik dan membuat sebagian pencicipnya mungkin merinding. Ya, makanan ini adalah belalang goreng berasal dari Kabupaten Gunungkidul.

Belalang goreng memiliki banyak nutrisi. Untuk memasak menu ini, dibutuhkan belalang kayu yang mengandung protein tinggi, sehingga baik untuk tubuh. Masakan ini biasa dihidangkan dengan sambal cocol. Wah, apakah Anda tertarik mencicipi?

Sayur lombok hijau

Sayur lombok hijau memilik cita rasa yang bikin wisatawan ketagihan. Sayur ini menawarkan rasa pedas dan gurih. Rasa gurih yang Anda bisa rasakan karena kuah santannya dibuat cukup kental dan ditambah bumbu yang dicampurkan berupa bawang merah, jahe, emiri, lengkuas dan bumbu lainnya.

Selain itu, irisan tempe ikut dihidangkan sebagai pelengkap. Isian dari sayur ini yakni tempe, santan, cabai hijau dan isian bisa diganti sesuai selera Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini