5 Destinasi Ciamik di Flores Barat Buat Traveler Habiskan Long Weekend

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 408 2296963 5-destinasi-ciamik-di-flores-barat-buat-traveler-habiskan-long-weekend-nb6qTZ35Bg.JPG Taman Nasional Komodo (Foto: Instagram/@novemlawalata)

PEKAN depan masyarakat Indonesia akan kembali menikmati momen liburan panjang alias long weekend. Pemerintah memang telah menetapkan tanggal 28-30 Oktober sebagai cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen cuti bersama untuk liburan ke luar daerah, Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa jadi alternatif terbaik. Tenang, pada artikel ini Okezone tidak akan membahas daya tarik Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo yang sedang naik daun.

Masih banyak daya tarik wisata yang bisa Anda nikmati di pulau ini, khususnya di kawasan Flores Barat. Mengutip laman instagram Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF), Flores bahkan diklaim sebagai tempat paling ideal untuk bersembunyi dan menenangkan pikiran dari kesibukan ibu kota.

"Selain terkenal dengan komodo, di Flores juga menyimpan banyak sekali keindahan alam mulai dari air terjun, danau, laut yang nyaris belum terjamah, serta desa yang suasanya tidak berubah sejak ratusan tahun lalu," tulis BOPLBF dalam keterangannya.

Baca juga: Jepang Buka Pintu Pariwisata untuk 12 Negara, Indonesia Tidak Termasuk

Di samping itu, Flores juga telah menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) bagi para wisatawan agar bisa traveling dengan aman dan nyaman.

Berikut 5 rekomendasi objek wisata di Flores Barat yang menarik dijajal untuk liburan long weekend. Jangan lupa lakukan registrasi online melalui registration.labuanbajoflores.id sebelum berwisata.

"Putri Tidur" di Pulau Mules

Kata Mules berasal dari bahasa setempat yang berarti 'cantik'. Jika diperhatikan dari jauh, bentuk pulau ini akan terlihat seperti seorang putri yang sedang tidur.

Putri Tidur di Pulau Mules

(Foto: Instagram/@novemlawalata)

Hamparan bukit batu, padang rumput yang dipenuhi hewan ternak, dan perairan yang dipenuhi penyu, lumba-lumba dan beraneka jenis ikan lainnya membuat pulau ini kian ekostis.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

(Foto: Instagram/@labuanbajo_rentcar)

Danau ini merupakan danau terbesar dan terdalam di NTT. Air danau ini kaya akan belerang, dan memiliki pemandian air panas yang suhuhnya mencapai 70 hingga 100 derajat celsius.

Pulau Pribadi

Pulau Pribadi

(Foto: Instagram/@jscrusli)

Pulau Kanawa dengan hamparan pasir putih dan laut biru yang tenang, Anda akan merasa liburan dengan pulau pribadi jika berkunjung. Di sini kamu juga bisa menikmati pengalaman snorkeling di antara terumbu karang.

Gerhana Kalong, di Pulau Kalong

Sesuai dengan namanya, pulau ini terkenal dengan hunian kalong yang mencapai ribuan.

Pulau Kalong

(Foto: Instagram/@angelvandani)

Jika menjelang matahari terbenam, gerombolan kelelawar di pulau ini mulai beterbangan dari balik hutan bakau menuju ke timur untuk mencari makan.

"Lukisan" air terjun raksasa di Tengku Siwa

Memiliki 4 air terjun setinggi 70 meter dan debit air yang serupa, air terjun ini bagai lukisan raksasa di atas dinding batu yang tinggi.

Lukisan Air Terjun

(Foto: Instagram/@ddwltrpuka)

Dengan air terjunnya yang putih dan tanaman lumut yang berwarna hijau. Perpaduan warna natural ini semakin mempercantik keindahan alam di sini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini