Pantai Batakan Baru, Wisata Bahari Memikat di Tanah Laut Kalsel

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 408 2297001 pantai-batakan-baru-wisata-bahari-memikat-di-tanah-laut-kalsel-0aDwA1hpo6.JPG Pantai Batakan Baru di Tanah Laut, Kalsel (Foto: Instagram/@rfikanidaaa)

KABUPATEN Tanah Laut memiliki destinasi baru bernama Pantai Batakan Baru. Di tengah masih mewabahnya Covid-19, objek wisata ini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Meski tergolong destinasi baru, namun pantai dengan daya tarik pasir putihnya ini mampu menyedot minat banyak pengunjung.

Pantai Batakan Baru berlokasi di Desa Batakan, Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Batakan Lama, yang lebih dulu menjadi salah satu destinasi primadona, hasil pengelolaan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut.

Terletak sekitar 125 kilometer arah selatan dari kota Banjarmasin, Ibu Kota Provinsi Kalsel. Meski perjalanan cukup panjang, Anda tak perlu khawatir jika mengunjungi pantai ini karena kondisi jalan sudah beraspal dan cukup baik.

Anda akan ditemani oleh pemandangan kampung, persawahan, ladang dan perbukitan di sepanjang jalan sehingga tidak membosankan.

Baca juga: Bendung Cikoncang, Destinasi Wisata Alternatif Selama Pandemi

Berbagai daya tarik ditawarkan, mulai dari pasir putih, panorama sunrise dan sunset yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata pantai lainnya, hingga tersedianya lahan untuk berkemah.

Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda sambil menikmati suasana malam yang tenang sembari menunggu matahari terbit.

Sebagai lokasi wisata yang baru, pengelola pantai berupaya memanjakan pengunjung dengan menjaga kebersihan kawasan pantai. Pihak pengelola pantai terus berusaha untuk membuat nyaman pengunjung dengan menyediakan sejumlah fasilitas.

Berbagai fasilitas dibangun seperti gazebo, penyewaan tenda, tempat duduk di bibir pantai, toilet dan kamar mandi, hingga wahana air banana boat.

"Kalau secara infrastruktur sudah bagus ya. Tong sampah juga banyak, terus ada gazebo buat tempat berteduh," ucap Muhammad Harun, salah satu pengunjung dikutip dari iNews Banjarmasin, Rabu (21/10/2020).

Pantai Batakan Baru dikelola atas tujuan optimalisasi kawasan wisata pantai, tak heran jika pengelola terus berusaha untuk menambah fasilitas. Di masa pandemi corona ini pengunjung yang datang harus mengikuti protokol kesehatan.

Setiap pengunjung wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan akan melalui pengecekan suhu tubuh.

"Yang kita lihat saat ini, di Pantai Batakan baru sangat padat orangnya, banyak pengunjungnya juga apalagi Sabtu dan Minggu. Malam Minggu sampai hari minggu selalu banyak pengunjung. Terus di sini tingkat keamanan sudah terjamin, bersih dan juga sudah mulai tertata, bagus," ujar Kepala Desa Batakan, Arsani.

Akan lebih seru jika berlibur bersama sanak keluarga atau teman-teman. Namun, jika Anda berilibur sendirian pun tidak ada salahnya karena banyak yang bisa dinikmati dan dilakukan di sini.

Selain menyajikan keindahan panorama laut, suasana alam yang masih asli juga menjadi nilai tambah untuk destinasi wisata bahari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini