Cantiknya Telaga Bodas, Pilihan Wisata Menarik saat Libur Panjang

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 408 2297168 cantiknya-telaga-bodas-pilihan-wisata-menarik-saat-libur-panjang-FamKZucutB.jpg Telaga Bodas di Sukamenak, Wanaraja, Garut, Jawa Barat (Instagram @Zoft_azoefat23)

PESONA Telaga Bodas atau Danau Putih sungguh memukau. Objek wisata di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupatem Garut, Jawa Barat ini tak kalah dengan Kawah Putih Ciwiday Bandung.

Tiap akhir pekan dan hari libur, Telaga Bodas ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk liburan cuti bersama Anda pada 28 sampai 30 Oktober 2020 yang sudah ditetapkan pemerintah dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah.

Telaga Bodas bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit perjalanan dari Terminal Garut. Untuk menuju ke sini bisa lewar jalur Bandung–Garut–Wanaraja atau Bandung–Limbangan–Cibatu–Wanaraja.

Baca juga:  Pendakian Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka, Dibatasi 300 Orang Per Hari

Telaga yang dikelola oleh BKSDA Jawa Barat ll ini luasnya mencapai 23,85 hektare dan berada di ketinggian 1.512 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Hawa sejuk dan aroma belerang begitu terasa saat berada di kawasan Tegala Bodas, menandakan masih ada aktifitas vulkanik di bawahnya.

Meski airnya biru, tapi tidak direkomendasikan berenang atau bermain air di di kolam utama Telaga Bodas, karena suhu airnya bisa mencapai 300 derajat celcius.

 

Namun, para pengunjung bisa mandi di kolam khusus untuk anak-anak dan dewasa dengan air yang suhunya lebih aman. Jadi lokasi ini sangat cocok untuk liburan bareng keluarga.

Baca juga:  Libur Panjang Oktober 2020 Asyiknya Bertamasya ke Pulau Macan, Intip Keunikannya 

Danau ini di kelilingi oleh pegunungan hijau. Tetapi, di belakang danau terdapat bukit yang dihiasi oleh pohon-pohon kering. Bukit ini memang jarang dinaiki pengunjung.

"Dilihat dari atas bukit, viewnya sangat cantik. Karena jarang orang yang naik ke bukit ini, jadi ini serasa milik sendiri," kata Shardiyan, seorang traveler yang pernah berkunjung ke Telaga Bodas dalam video di channel Youtube Backpacker Bro seperti dikutip, Rabu (21/10/2020).

Di area ini terdapat lumpur panas yang mendidih dan juga kawah aktif. Pengunjung diminta tak mendekat karena berbahaya bagi keselamatan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini