Jalan-Jalan ke Tokyo, Cicipi 10 Street Food Murah Meriah

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 301 2297764 jalan-jalan-ke-tokyo-cicipi-10-street-food-murah-meriah-socyiWUEPU.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TERKENAL dengan kehidupan kotanya yang sibuk dan mewah, Anda bisa mencari sisi lain dari Tokyo. Tidak hanya dipenuhi dengan restoran kelas atas, Tokyo juga memiliki aneka street food yang tak kalah lezat.

Kedai street food di Tokyo sering kali berpusat di sekitar stasiun kereta dan area utama pejalan kaki. Sebagai kota yang selalu ramai dikunjungi, Anda bisa menikmati indahnya kota sambil jajan cantik.

Berikut adalah 10 street food di Tokyo yang wajib Anda cicipi, seperti dilansir dari USA Today, Kamis (22/10/2020).

Ikayaki (Cumi Bakar)

ikayaki

Ika artinya cumi-cumi, sedangkan yaki artinya panggang. Street food Jepang ini bercita rasa asin dan tekstur kenyal khas cumi yang dipanggang. Cara pembuatannya cumi mentah dicelupkan ke dalam tepung bumbu, lalu ditekan rata di atas panggangan yang sudah dioles minyak goreng. Sedapnya!

Nure Okaki (Kerupuk Beras Basah)

Kerupuk beras super renyah ini bisa dimakan langsung di tempat atau dibawa pergi, karena memiliki umur simpan yang lama. Beberapa direndam dalam kecap, sementara yang lain dibungkus dengan rumput laut. Bentuknya juga bervariasi. Ada juga versi pedas yang dilapisi dengan cabai merah. Nure artinya basah, sedangkan okaki artinya kerupuk.

Baca Juga:  Kembali Dibuka, Destinasi Wisata Goa Pindul Terapkan Transaksi Nontunai

Oinarisan

Juga dikenal sebagai inari sushi, oinarisan adalah bola nasi yang dimasukkan ke dalam tahu goreng kopong. Itu versi sederhananya, tetapi Anda juga bisa menambahkan topping. Kebanyakan topping mirip dengan yang Anda dapatkan pada sushi tradisional. Karena sushi tradisional ada di mana-mana di Jepang, inari menawarkan variasi yang terjangkau pada hidangan paling terkenal di Jepang.

Keripik Kentang

Banyak keripik kentang khas Jepang yang dijual di Tokyo. Kunjungi etalase kecilnya di pinggir Jalan Takeshita yang ramai di distrik Shibuya. Tempat ini menjual keripik kentang dengan berbagai topping, seperti madu, maple, mentega dan cokelat. Yummy!

Karage (Ayam Goreng Jepang)

Karage erat kaitannya dengan ayam popcorn Amerika. Orang Jepang memiliki versinya sendiri yang biasa disebut di Amerika sebagai ayam popcorn (ayam garam dan merica di Taiwan). Versi Jepangnya dicelupkan ke dalam tepung kentang lalu digoreng.

Jika Anda makan karage original, Anda mungkin akan merasakan sedikit rasa jahe dan bawang putih. Tergantung permintaan, mereka mungkin disajikan dingin. Jika Anda berencana untuk memakannya langsung, makan Anda bisa memintanya untuk dipanaskan.

Dango (Pangsit Tepung Beras)

Pangsit tepung beras yang manis dan lengket ini adalah salah satu makanan jalanan paling serbaguna di Jepang. Mereka seukuran gigitan dan biasanya terdapat tiga hingga empat buah di tusuk sate.

Dango lain datang dengan lapisan berbeda. Kibi dango (dinamai menurut provinsi Kibi kuno) dilapisi dengan bubuk kedelai panggang, yang dikenal sebagai kinako. Mereka adalah camilan sepanjang tahun, dengan varietas berbeda menjadi lebih populer sesuai musim tertentu. Kebanyakan cocok dengan teh hijau.

Korokke (Kroket Jepang)

Kroket khas Jepang ini digoreng renyah dengan tambahan topping di dalamnya. Biasanya diisi daging sapi yang sangat populer. Kroket Jepang biasa dimakan dengan sumpit, tapi alangkah nikmatnya langsung makan pakai tangan sambil jalan-jalan.

Age Manju (Roti Goreng Isi)

Hidangan roti goreng isi ini biasa ditambah topping matcha atau kacang merah. Hidangan ini terbuat campuran soba, tepung beras dan tepung, lalu digoreng. Kalau tidak suka roti goreng, ada juga yang dikukus.

Melonpan

Melonpan adalah roti manis yang terbuat dari adonan yang diperkaya dilapisi dengan lapisan adonan kue renyah. Hasilnya adalah bagian luar yang renyah dengan bagian dalam yang lebih lembut. Rasanya tidak seperti melon, tetapi mendapatkan namanya dari bentuk roti yang mirip melon.

Beberapa pedagang kaki lima menjual melonpan yang diisi dengan es krim, yang menjadikannya makanan penutup yang ideal. Dalam beberapa tahun terakhir, pembuat roti tertentu bahkan mulai memasukkan rasa melon yang sebenarnya ke roti. Dibandingkan dengan kebanyakan street food Jepang, melonpan memiliki sisi yang lebih besar dan lebih berat, terutama jika Anda menambahkan satu sendok es krim.

Sate Sapi Kobe

sate sapi ini biasanya dijual di restoran kelas atas. Namun seiring ramainya Tokyo, banyak penjaja sate daging Kobe di pinggir jalan. Cita rasanya lezat, teksturnya juga empuh. Makan satu tusuk enggak cukup dong!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini