Serunya Gowes Sambil Berwisata Menyusuri Kali Cemplong Malang

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 408 2297579 serunya-gowes-sambil-berwisata-menyusuri-kali-cemplong-malang-dSzZAwihXy.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAMA masa pandemi Covid-19, kegiatan bersepeda kembali menjadi tren guna refreshing sekaligus berolahraga, hal ini pun dimanfaatkan seorang pengusaha di Malang, Jawa Timur, yang membuka paket wisata bersepeda dengan jalur yang keren.

Haus rekreasi di tengah pandemi dan ramainya pegiat sepeda di Indonesia saat ini ditangkap sebagai sebuah peluang bisnis di sektor wisata, maka lahirlah Wijaya Fun Cycling di Kota Malang yang membuka persewaan sepeda sekaligus city tour.

Terdapat berbagai paket tour gowes yang ditawarkan, mulai dari paket pemula untuk berkeliling Kota Malang hingga lokasi wisata alam lainnya, seperti Paralayang Kota Batu hingga Gunung Bromo.

Harga paket yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp100-400 ribu per orang tergantung tujuan wisata yang dipilih. Untuk paket wisata termurahnya wisatawan akan diajak bersepeda di pinggir Kali Cemplong dengan jalur keren yang instagramable dengan jarak tempuh sejauh 12 kilometer.

Baca juga: Kembali Dibuka, Destinasi Wisata Goa Pindul Terapkan Transaksi Nontunai

Wisatawan akan merasakan sensasi seru bersepeda di pinggir kali melalui jalan setapak di bawah rimbunnya pepohonan yang sejuk.

Dengan membayar Rp100 ribu, paket ini sudah termasuk sewa sepeda, helm, dokumentasi video dan foto, makanan dan minuman, serta asuransi perjalanan.

Sejak dibuka pada bulan Juli 2020 lalu, paket wisata bersepeda ini pun diminati banyak orang dan mendapat respons positif. Hal itu terbukti dari banyaknya wisatawan yang datang ke garasi sepeda milik Hendri Wijaya ini di Jalan Kapi Woro, Keduyo, Mangliawan, Malang.

"Yang keren dari berwisata bersepeda ini karena kita bisa berwisata sambil berolahraga, jadi kita bisa menikmati pemandangan sambil kita berolahraga mengayuh sepeda," ujar salah seorang wisatawan, Andi Hartik dilansir dari channel YouTube Official iNews, Kamis (22/10/2020).

Selain rute Kali Cemplong, banyak paket wisata dalam kota yang juga diminati, seperti paket keliling ke sejumlah kampung tematik seperti ke kampung warna-warni Jodipan hingga kampung Heritage Kayutangan.

Bila merasa rute tersebut terlalu dekat, wisatawan dapat memilih paket wisata yang lebih jauh yakni Paralayang dan Cangar di Kota Batu. Atau ke Gunung Bromo, puncak B29 dan Pantai Malang Selatan.

Hendri Wijaya mengaku, ide wisata bersepeda ini bermula ketika usaha tour wisata miliknya tidak bisa beroperasi karena pandemi, ia pun berpikir dan memutuskan membuka paket wisata bersepeda.

"Basic-nya kan kita dari Wijaya Fun Holiday adalah perjalanan wisata, berhubung karena wisata banyak yang tutup dan beberapa kota juga menerapkan protokol masing-masing yang enggak boleh keluar. Jadi, sementara kita mainnya di lokal dulu, kita kembangkan di wisata bersepeda. Ini kan lagi pas juga momennya dengan banyak temen-temen yang lagi sepeda," tutur Hendri.

Kegiatan rekreasi dan olahraga menggunakan sepeda ini dapat dinikmati seorang diri maupun dengan bersama orang terdekat, keluarga ataupun teman. Apalagi saat long weekend, tentunya akan lebih seru guys.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini