Share

Rasakan Sensasi Wisata Orchid Forest Cikole yang Instagramable

Wiji Adinda Putri, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 408 2298162 rasakan-sensasi-wisata-orchid-forest-cikole-yang-instagramable-cs4Ezz6n3f.JPG Wisata Orchid Forest Cikole (Foto: Instagram/@orchidforestcikole)

BERADA di kawasan Bandung Barat, Lembang terkenal dengan pesona alamnya yang luar biasa indahnya. Kekayaan dan keindahan alam itulah yang menjadikan kawasan tersebut dirasa pas untuk dijadikan objek wisata yang menarik. Salah satunya yang populer ialah wisata Orchid Forest Cikole.

Orchid Forest Cikole merupakan sebuah hutan pinus yang dimaksimalkan menjadi sebuah kawasan kreatifitas dari sebuah tempat pariwisata.

Selain itu juga terdapat budidaya tanaman anggrek yang mana jumlahnya mencapai 20.000 lebih tanaman dengan asal negara yang berbeda-beda.

Dilansir akun Instagram @orchidforestcikole, tarif masuk ke Orchid Forest Cikole yakni Rp40 ribu. Harga tersebut belum termasuk biaya asuransi Perhutani sebesar Rp7.500 dan parkir kendaraan.

Tiket tersebut dibeli dari awal gerbang memasuki area objek wisata Orchid Forest Cikole. Kemudian dari gate depan Anda masih harus menempuh jalan menanjak dengan view di kanan kirinya hutan pinus serta jalanan berbatu.

Baca juga: Kembali Dibuka, Destinasi Wisata Goa Pindul Terapkan Transaksi Nontunai

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berhenti tepat di depan pintu masuk wisata. Namun bila menggunakan kendaraan besar, pemberhentiannya berada di setengah perjalanan menuju pintu masuk.

Nantinya akan disediakan shuttlle car untuk akomodasi antar jemput wisatawan. Shuttle car ini juga digunakan bagi pengunjung berkendaraan pribadi untuk kembali ke pintu masuk (tempat parkir) dari pintu keluar. Ya, pintu keluarnya memang berbeda, jika masuknya dari bagian atas are hutan pinus, sedangkan akses keluarnya turun menuju bagian bawah.

Saat memasuki pintu masuk, disambut dengan ikon bertuliskan Orchid Forest Cikole dengan ukuran besar yang dijadikan sebagai spot foto utama. Lalu menelusuri lebih dalam lagi, tibalah pada satu bangunan dengan atap melengkung yang dijadikan sebagai tempat pemeriksaan tiket Anda.

Salah satu spot paling terkenal yaitu Terrace Paphio. Berderet bangku kayu yang enak dipandang dengan latar hutan pinus, serta panggung sederhana yang juga bisa dijadikan sebagian spot foto.

Menyusuri lebih jauh ke bagian utama, terdapat Orchid House. Orchid House berisi berbagai tanaman anggrek langka. Pada area Orchid House terdapat tempat-tempat yang memang disediakan atau diperuntukkan untuk wisatawan mengambil gambar dengan background yang tersedia.

Dikutip dari channel YouTube Official iNews, spot paling fenomenal lainnya adalah Wood Bridge. Jembatan viral ini memang cocok untuk memacu adrenalin. Di sana Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah.

Terlebih bagi yang gemar berfoto. Jika malam hari, lampu-lampu di sisi jembatan akan menyala yang kian menambah cantik suasana.

Orchid Forest Cikole

Untuk fasilitas umumnya sendiri terbilang sangat lengkap. Toilet yang bersih, musala, cafe atau tempat makan, dan penjaja oleh-oleh di depan pintu masuk.

Bagi kaum milenial yang mau mengabadikan momen ala piknik juga bisa dilakukan di sini. Nantinya akan disediakan perlengkapan seperti alas, keranjang piknik, dan snack sebagai camilan.

Objek wisata yang berlokasi di Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat ini beroperasi dari pukul 09.00-18.00 WIB. Namun karena baru memasuki masa new normal, jumlah pengunjung masih dibatasi.

“Mengikuti aturan pemerintah terkait prosedur new normal maka untuk anak kecil usia di bawah 3 tahun, lansia di atas 65 tahun, dan ibu hamil yang untuk sementara belum dapat berkunjung ke tempat wisata kami,” sebut akun Instagram @orchidforestcikole.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini