Serunya Menyusuri Sungai Hitam Palangka Raya dengan Perahu Kelotok

Chotimah, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 408 2298173 serunya-menyusuri-sungai-hitam-palangka-raya-dengan-perahu-kelotok-KDTXc2YCtD.JPG Sungai Sebangau, Palangka Raya, Kalteng (Foto: Instagram/@alioraqsa)

WILAYAH Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dikenal dengan beragam destinasi wisata yang unik, salah satu destinasi yang terkenal yakni Taman Nasional Sebangau yang menyuguhkan wisata air hitam beserta panorama yang hijau sambil menelusuri Sungai Sebangau.

Wisata air hitam yang terletak di Kelurahan Kereng Bangkirai, Palangka Raya ini menjadi salah satu alternatif wisata masyarakat di tengah pandemi Covid 19.

Tempat wisata air hitam telah dibuka sejak September 2020 lalu dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang ingin menikmati liburan bersama keluarga di alam terbuka.

Di Sungai Sebangau pengunjung dapat langsung menikmati indahnya danau berwarna hitam dengan dikelilingi tanaman sejenis pandan yang biasa tumbuh tegak di tepian sungai atau danau di kawasan air rawa gambut.

Baca juga: Kembali Dibuka, Destinasi Wisata Goa Pindul Terapkan Transaksi Nontunai

Untuk dapat menyusuri sungai pihak pengelola menyediakan perahu kelotok atau perahu motor. Dengan begitu Anda bisa menikmati sejuknya alam saat susur sungai.

"Di sini kita bisa menelusuri sungai dengan menikmati keindahan alam yang masih asri di kawasan air rawa gambut," kata seorang wisatawan, Yuli, dilansir dari channel YouTube Buletin iNews, Jumat (23/10/2020).

Wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat ini juga menyediakan spot foto yang instagramable di beberapa titik tertentu, sehingga pengunjung dapat berswafoto dengan latar belakang pemandangan alam yang hijau.

Tak hanya itu, tempat ini menyediakan fasilitas memadai untuk melepas penat yakni wahana air seperti perahu bebek dan sepeda air.

Biaya sewanya pun relatif terjangkau, hanya merogoh kocek sekitar 15 ribu per orang. Di sana terdapat pondok-pondok, panggung hiburan hingga warung makan yang dibangun oleh warga di sekitar objek wisata tersebut.

"Wisata di sini harganya sangat terjangkau serta jarang sekali ada sungai air hitam, hal ini menjadi daya tarik saya untuk berkunjung ke sini, " ucap wisatawan lainnya, Veven.

Untuk bisa sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan darat dari pusat Kota Palangka Raya selama setengah jam dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Sedangkan tiket masuknya hanya seharga Rp5.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini