5 Daya Tarik Wisata Alun-Alun Kota Bandung, Rumput Sintetis hingga Masjid Raya

Faradilla Rachman, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 408 2298827 5-daya-tarik-wisata-alun-alun-kota-bandung-rumput-sintetis-hingga-masjid-raya-BxteiO7FI5.jpg Alun-Alun Kota Bandung (Instagram @badranayatravel)

ALUN-Alun Kota Bandung kini makin cantik dan kekinian setelah direvitalisasi. Lokasi ini jadi tempat wisata yang ramai, terutama pada tiap akhir pekan. Wisatawan yang datang ke Ibu Kota Jawa Barat rasanya belum lengkap jika tak berkunjung ke alun-alun.

Alun-Alun Kota Bandung di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol menyajikan banyak hal bagi pengunjung. Lokasi ini jadi tempat bersantai, bermain, bahkan tempat warga berolahraga.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah dan Religi di Cirebon

Yang paling ikonik di alun-alun adalah Masjid Raya Bandung dengan arsitekturnya yang megah dan hamparan rumput sintetis yang instagramable. Lokasi ini sering digunakan warga untuk bersantai dan bermain anak-anak. Di area ini, pedagang asongan mengais rezeki.

Berikut hal-hal yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Alun-Alun Kota Bandung.

1. Santai di Atas Rumput Sintetis

Hamparan rumput di Alun-Alun Kota Bandung atau halaman Masjid Raya Bandung jadi lokasi favoris bagi warga bersantai terutama pada sore dan malam hari. Akhir pekan, area ini juga ramai.

Warga bisa duduk lesehan di atas rumput buatan ini sambil menikmati pemandangan sekitar alun-alun atau berfoto. Area ini juga jadi lokasi anak-anak bermain.

Baca juga: Bertamasya ke Pulau Untung Jawa

“Setelah direnovasi, spot favorit gue di sela-sela belanja tuh duduk di pelataran masjidnya yang sekarang pakai rumput sintetis pas sore menjelang malam, sambil selfie pastinya,” ujar Refiani Yusuf seorang pengunjung.

2. Menara Kembar Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung yang berada di alun-alun terkenal dengan menara kembarnya yang menjulang tinggi. Di pelataran Masjid Raya Bandung pun terdapat taman luas yang diberi rumput sintetis, sehingga jika wisatawan selesai sholat di masjid bisa santa-santai di pelataran masjid tersebut.

ilustrasi

Masjid Raya Bandung (Wikipedia)

Nah, ada yang seru juga lho Okezoners. Pada hari Sabtu dan Minggu, pengunjung dapat menaiki menara Masjid Raya Bandung dan melihat lanskap Kota Bandung yang memanjakan mata wisatawan.

3. Menjajal Kuliner di Jalan Kepatihan Alun Alun Bandung

Berbicara soal kuliner di Bandung memang tidak pernah ada habisnya. Di sekitar Alun Alun wisatawan bisa mencicipi olahan autentik Bandung yang lezat dan harganya sangat ekonomis. Seperti Batagor, cakwe, mie kocok, cimol, tahu gejrot dan masih banyak lagi.

Saat bertandang ke Alun Alun Bandung, Refiani pun mencicipi kuliner lezat di Jalan Kepatihan yang tidak jauh dari Alun Alun.

“Kalau ke sana (Alun Alun Bandung) selalu beli jajanan di Jalan Kepatihan. Disitu ada banyak banget abang gerobak yang jual makanan Bandung dan gue paling sering beli Cimol, tahu gejrot sama rujak, terus makan deh di area rumput sintetis itu,” jelas Refiano Yusuf.

4. Mengelilingi Alun Alun Pakai Bandros

Siapa yang tidak kenal dengan transportasi ikoniknya Kota Bandung? Yups, Bandros atau Bandung Tour On Bus adalah kendaraan tingkat dua bak di Kota London ini menawarkan wisatawan untuk berkeliling kawasan Alun Alun Bandung. Terdapat Halte Bandros Alun Alun Bandung yang akan membawa para wisatawan menjelajah pusat Kota Bandung tersebut lho Okezoners.

“Ada bus tingkat (di Bandung) kayak di London gitu namanya Bandros . Naik ini tuh seru banget, dibawa mengelilingi Alun Alun Bandung terus turun di tempat naiknya, harganya juga worth it banget, harus banget sih ke kalo ke Bandung naik ini,” ungkap Refiani.

5. Hunting Foto di Kawasan Asia Afrika

Sekitaran kawasan Alun Alun Bandung terdapat Jalan Asia Afrika yang bisa dijadikan spot berburu foto wisatawan penggemar fotografi. Disepanjang Jalan Asia Afrika ini, terdapat bangunan lama yang bergaya kolonial.

Spot favorit wisatawan saat berada di Jalan Asia Afrika ini adalah dinding dengan desain grafis yang bertuliskan quotes Pidi Baiq.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini