Mau Berwisata di Taman Margasatwa Ragunan, Perhatikan 4 Hal Ini!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 408 2298956 mau-berwisata-di-taman-margasatwa-ragunan-perhatikan-4-hal-ini-a0uhdtlC2u.jpg Petugas memberi makan jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Okezone.com/Heru)

TAMAN Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan salah satu objek wisata favorit wisatawan lokal saat akhir pekan dan hari libur. Pada libur panjang cuti bersama Oktober 2020, diperkirakan jumlah kunjungan ke kebun binatang ini meningkat. Tapi, pengelola tidak menambah kuota pengunjung.

"Sekarang kan kuota pengunjung dibatasi jadi 25% dari kapasitas maksimal. Artinya, jumlah pengunjung yang boleh memasuki kawasan Ragunan itu hanya 2.000 orang per hari,” kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana kepada Okezone, Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Taman Margasatwa Ragunan Dikunjungi Ratusan Orang Per Hari Selama PSBB Transisi

Karena itu, pihaknya tak ada persiapan khusus menyambut libur panjang dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW mulai 28 Oktober hingga 1 November nanti. “Jadi kesiapan petugas kami sama saja seperti hari biasa," ujar Ketut.

Hanya saja pengunjung tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

Sejak PSBB Jakarta diturunkan dari total ke transisi, pada Senin 12 Oktober lalu, beberapa wahana di Taman Margasatwa Ragunan sudah beroperasi lagi, seperti kereta wisata, sepeda keliling, dan perahu angsa. Sementara taman bermain anak masih ditutup dengan alasan keamanan.

Baca juga: City Tour di Jakarta saat Libur Panjang, Kunjungi 5 Spot Wisata Menarik Ini

Berikut Okezone rangkumkan empat hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan saat libur cuti bersama atau long weekend. Yuk simak!

Wajib daftar online 

Di masa transisi ini, Ketut mengatakan bahwa Taman Margasatwa Ragunan menerapkan sistem daftar online demi mencegah antrian pengunjung. "Sekarang karena masih transisi jadi dibatasi 2 ribu pengunjung. Jadi bila tertarik datang, harus daftar online terlebih dahulu," kata Ketut.

Harus memiliki KTP DKI

Selain mewajibkan pengunjung melakukan reservasi secara online, Ketut menjelaskan untuk saat ini hanya pengunjung dengan KTP DKI Jakarta saja yang diperbolehkan untuk berkunjung ke Ragunan. "Jadi di loket nanti harus menunjukkan KTP DKI Jakarta, baru boleh masuk," jelasnya.

Kategori pengunjung

Selama masa transisi, ada beberapa kategori pengunjung yang belum diperbolehkan berkunjung yakni, ibu hamil, anak di bawah umur 10 tahun, dan lansia. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan Covid-19 pada kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus tersebut.

Jam operasional

Bila pada masa PSBB transisi sebelumnya Ragunan beroperasi mulai pukul 08.00 WIB- 13.00 WIB, di masa transisi ini jam operasional kembali berubah. "Ini juga yang penting diketahui pengunjung. Ragunan sekarang buka Selasa-Minggu dan beroperasi mulai jam 8 pagi sampai 3 sore," kata Ketut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini