Pesona Kawah Putih Menakjubkan, Pas untuk Libur Panjang Oktober 2020

Ersa Ambarita, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 408 2298993 pesona-kawah-putih-menakjubkan-pas-untuk-libur-panjang-oktober-2020-ton8zCu9Q3.jpg Kawah Putih di Rancabali, Kabupaten Bandung (Instagram @kawahputih_official)

PESONA Kawah Putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sungguh menakjubkan. Objek wisata di kaki Gunung Patuha ini sangat cocok jadi destinasi liburan bareng teman atau keluarga, terlibat saat mengisi cuti bersama Oktober 2020.

Kawah Putih terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang ketinggiannya mencapai 2.344 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasi ini sempat ditutup untuk wisatawan akibat pandemi Covid-19, dan sudah dibuka kembali sejak 11 Juni 2020 dengan protokol kesehatan.

Baca juga: 4 Tempat Glamping Seru di Bogor, Bisa Main ke Curug

Menurut sejarah, Kawah Putih mulanya ditemukan pada 1837 oleh peneliti Belanda Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Saat itu, ia sedang melakukan penelitian.

Kawah Putih salah satu objek wisata andalan Jawa Barat, primadona wisatawan domestik bahkan mancanegara.

ilustrasi

Kawah Putih (Okezone.com/Helmi)

Sesuai dengan namanya, Kawah Putih memiliki air danau berwarna putih. Tapi, kadang ber-ubah menjadi hijau kebiru-biruan bahkan hijau terang dipengaruhi oleh kadar belerang, cuaca, dan suhu kawah.

Namun, perpaduan warna inilah yang menjadi daya tarik dan membius para pengunjung.

Di tengah Kawah Putih terdapat sebuah dermaga kecil dengan nuansa kabut. Ini salah satu spot foto instagramable favorit wisatawan milenial. Untuk masuk ke dermaga, dikenakan biaya tiket Rp10.000. Di sini, pengunjung bisa foto-foto dengan latar bebatuan, pepohonan, dan danau.

Baca juga: 5 Daya Tarik Wisata Alun-Alun Kota Bandung, Rumput Sintetis hingga Masjid Raya

“Pemandangannya bagus banget, hijau, ada banyak pepohonan di bukit. Pokoknya senang banget, betah saat ada di lokasi ini. Banyak spot foto, apalagi aku datang dari perkotaan, jadi saat ada di sini, lokasinya sejuk dan seru,” ujar Sri seorang pengunjung Kawah Putih beberapa waktu lalu.

Spot lain paling menarik adalah Skywalk Cantigi. Untuk ke tempat ini, harus melewati jembatan bambu yang unik sepanjang 500 meter. Sambil berjalan bisa menikmati pemandangan hutan yang asri.

Di ujung jembatan adalah spot terbaik untuk melihat hamparan Kawah Putih di kelilingi bebukitan hijau, sangat eksotis.

Tinggi jembatan ini sekitar 2-3 meter. Tidak curam dan mudah untuk dilalui. Harus tetap berhati-hati, meski ada tali untuk pegangan dalam menjaga keseimbangan badan.

Kawah Putih bisa diakses lewat perjalanan darat sekitar 2 jam dari Kota Bandung. Normalnya kawasan ini buka dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Jam operasional ini bisa berubah karena disesuaikan dengan kondisi cuaca di lokasi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini