Nikmati Sensasi Hangatnya Wedang Uwuh Khas Yogyakarta

Chotimah, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 301 2299169 nikmati-sensasi-hangatnya-wedang-uwuh-khas-yogyakarta-YbmSwu2s7t.JPG Wedang uwuh khas Yogyakarta (Foto: Instagram/@dangwedang)

YOGYAKARTA kaya akan wisata budaya dan kulinernya. Aroma tradisional sangat kental menyelimuti wilayah berjuluk 'Kota Pelajar' ini. Salah satunya ialah kuliner khas di sana.

Tak melulu gudeg, Yogyakarta juga memiliki kuliner menyehatkan yakni wedang uwuh. Adalah Kedai Kopi Margo Mulyo yang menyediakan minuman minuman sehat yang menghangatkan tubuh.

Kedai ini berlokasi di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Wedang uwuh merupakan sajian minuman yang terbuat dari berbagai rempah seperti daun, tangkai cengkeh, daun pala, kayu manis, kayu secang, jahe dan gula batu.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Kampung Ikan di Pulau Jawa

Menyajikan wedang uwuh tidaklah sulit, beragam rempah dari wedang uwuh tersebut direbus dengan air secukupnya hingga mendidih untuk mendapatkan sari dari rempah-rempah yang ada. Setelah itu wedang uwuh dipindahkan ke dalam gelas bersama dengan rempahnya.

Sejumlah pelanggan mengaku, wedang uwuh memiliki cita rasa tersendiri dengan aroma rempahnya yang khas. Saat diminum, tenggorokan akan langsung terasa hangat hingga melegakan pernapasan.

Sensasi hangatnya dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Aneka rempah yang terkandung di dalamnya pun mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk segelas wedang uwuh hanya dibanderol seharga Rp12.000.

"Rasanya khas sekali apalagi di musim hujan seperti ini ketika meminum wedang uwuh tenggorokan serta tubuh terasa hangat. Aroma khas yang ditimbulkan datangnya dari aneka rempah dalam wedang tersebut," kata seorang pengunjung kedai, Lukman Hakim menyitir channel YouTube MNCTV, Minggu (25/10/2020).

Wedang uwuh digemari masyarakat dari segala usia. Meski pengunjung tak seramai biasanya imbas pandemi Covid-19, namun usaha wedang uwuh ini masih bisa bertahan dengan menyajikan aneka minuman lain dan beragam makanan.

Pengunjung yang datang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan demi menghindari penyebaran virus corona.

"Wedang uwuh sangat enak sehingga tak memandang kalangan usia untuk mencicipinya. Hal ini menjadi daya tarik bagi pengunjung agar bisa menikmati kehangatan dari rempahnya. Selain itu, kami menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus corona," ucap pengelola kedai, Kevin Nutri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini