Bak di Jepang, Selokan Ini Disulap Jadi Sungai Jernih Berisi Ribuan Ikan Nila

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 408 2299317 bak-di-jepang-selokan-ini-disulap-jadi-sungai-jernih-berisi-ribuan-ikan-nila-7LV82a7kia.JPG Water Gong, destinasi baru di Klaten, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@agnes_rawuh)

TAK perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk melihat sungai yang airnya jernih dan dihuni oleh ribuan ikan cantik. Sebab, di Klaten, Jawa Tengah terdapat wisata Water Gong yang menyajikan jernihnya aliran sungai yang dihuni oleh ribuan ikan nila. Tempat ini sangat menarik perhatian pengunjung karena jarang ditemui di daerah lain.

Berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, objek wisata Water Gong ini menjadi viral setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mempromosikannya.

Tidak seperti sekarang, dahulu sungai yang memiliki panjang sekitar 100 meter ini sangat keruh dan dipenuhi oleh sampah. Pengelola Water Gong Bagong Margono menuturkan, dirinya bersama warga sekitar tergerak untuk membersihkan sungai.

Water Gong di Klaten

(Foto: Instagram/@agnes_rawuh)

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Kampung Ikan di Pulau Jawa

“Saya cuma peduli pada sungai, dengan pedulinya ini saya bersihkan saja. Enggak berpikir masalah untung rugi tidak sama sekali. Saya jalani saja mengalir, akhirnya menjadi bersih. Setelahnya jadi banyak orang datang," ujar Bagong Margono, pengelola Water Gong, dikutip dari channel YouTube iNews Magazine, Minggu (25/10/2020).

Hingga pada 2018, pembenahan masih terus dilakukan dan mulai ditaburi bibit ikan nila sebanyak satu ton. Enam bulan kemudian totalnya kini menjadi 20 ton.

Sungai dengan lebar lima meter ini sekarang sudah dihuni oleh ribuan ikan nila. Wisatawan pun terus berdatangan baik lokal maupun luar daerah untuk sekadar menikmati kejernihan airnya, berswafoto, ataupun makan di restoran yang berada di atas aliran sungainya.

Objek wisata yang berada dekat dengan pesawahan ini buka setiap harinya mulai pukul 08.15 hingga 17.00 WIB. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp5.000 saja untuk menikmati wisata alam memanjakan mata ini.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini