Pulau Merah, Destinasi Ideal bagi Pemula yang Ingin Belajar Surfing

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 408 2299647 pulau-merah-destinasi-ideal-bagi-pemula-yang-ingin-belajar-surfing-oFP9Gp3UG3.JPG Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: Instagram/@pulaumerah_official)

BANYUWANGI dikenal memiliki beragam objek wisata alam dan kuliner. Mungkin jika Anda berlibur ke kota ini, Anda akan dimanjakan dengan udaranya yang sejuk dan suasana alam yang masih asri.

Banyuwangi juga menyediakan puluhan pantai, terlebih jika Anda mempunyai hobi surfing mungkin destinasi ini sangat cocok untuk Anda kunjungi yaitu Pulau Merah.

Pulau Merah adalah salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh para peselancar (surfer). Pulau Merah yang berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi sering menjadi patokan oleh pelancong untuk berlibur.

Mengutip dari channel YouTube iNews Magazine, Senin (26/10/2020), Pulau Merah merupakan salah satu sebutan untuk pulau kecil yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai.

Baca juga: Unik dan Anti Mainstream, Bakso di Bantul Ini Berbentuk Mangkok

Sepanjang Pulau Merah terdapat ombak besar yang sangat cocok untuk digunakan untuk berselancar. Pulau Merah pun kerap menjadi tuan rumah kompetisi selancar dalam beberapa tahun terakhir.

Surfing di Pulau Merah

(Foto: Instagram/@redislandwisma)

Banyak wisatawan luar negeri menjajal surfing dengan ombak cukup besar dan menantang. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan halus. Pesona yang dimiliki Pantai Merah terbilang sangat indah, terlebih bukit-bukit hijau nan cantik mengelilingi perairan pantai ini.

Pulau Merah termasuk keanekaragaman geologi di Kabupaten Banyuwangi, karena pulau ini terbentuk akibat fenomena geologi yang terjadi pada jutaan tahun silam.

“Pada 8-4 jutaan tahun lalu, wilayah ini sebuah gunung api yang mengalami letusan yang sangat besar dan menyisakan Pulau Merah. Pulau ini tersusun dari batuan kaya silika yang mampu menahan dari abrasi dan pelapukan batuan,” ungkap pengunjung, Truly Christina.

Tiket masuk ke wisata Pantai Pulau Merah yakni Rp10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp100 ribu bagi pelancong mancanegara. Bagi pengunjung yang hendak surfing, bisa membawa papan selancar sendiri.

Jika tak memilikinya, pihak pengelola menyediakan rental selancar yang tarifnya mulai dari Rp50.000 tergantung ukuran dan kualitas papan.

Sedangkan bagi pengunjung yang hendak belajar surfing, pihak pengelola pantai menyediakan kelas selancar yang biayanya mulai Rp250 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk instruktur dan penyewaan papan berdurasi dua jam.

Keindahan bawah laut Pulau Merah tak kalah memesona dengan destinasi lainnya. Itulah sebabnya sangat disayangkan jika kesempatan ini tak dimaksimalkan untuk snorkeling. Dengan snorkeling Anda dapat melihat kehidupan bawah laut seperti beragam ikan cantik dan terumbu karang.

Menyaksikan fenomena sunset jangan sampai Anda lewatkan manakala sempat berkunjung ke Pulau Merah. Di lokasi juga terdapat banyak warung sederhana yang menyediakan aneka macam makanan dan minuman, sehingga Anda tak perlu khawatir kelaparan.

Memanfaatkan spot yang ada seperti duduk di bibir pantai sembari minum air kelapa muda langsung dari batoknya akan semakin menyenangkan dengan panorama laut memesona. Bagi wisatawan diimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan dan tidak merusak alam sekitar pantai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini