5 Spot Instagramable di Kota Tua Jakarta, Pas buat Hunting Foto

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 408 2300351 5-spot-instagramable-di-kota-tua-jakarta-pas-buat-hunting-foto-rQHQ0KPFEw.jpg Kali Besar Kota Tua Jakarta (myeatandtravelstory.wordpress.com)

KAWASAN Kota Tua Jakarta memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan pecinta fotografi atau yang hobi foto-foto.

Selain untuk wisata sejarah, Kota Tua merupakan rumah bagi beberapa situs dan bangunan bersejarah di Jakarta yang cocok untuk dijadikan latar foto yang estetis.

Memiliki gaya bangunan bernuansa kolonial Belanda, kawasan Kota Tua menyimpan berbagai spot atau lokasi foto yang menarik dan kekinian alias instagramable.

Baca juga: 3 Hotel Instagramable di Jakarta, Incaran Kaum Milenial

Dilansir dari Instagram @disparekrafdki, Selasa (27/10/2020), berikut 5 spot foto instagramable di Kota Tua Jakarta.

Djakarte Kedai Seni

berada di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta, lokasi satu ini merupakan sebuah kafe dan restoran dengan nuansa bangunan tempo dulu.

ilustrasi

Djakarte Kedai Seni (IG @ryanliemb)

Selain digunakan sebagai tempat hangout atau makan-makan, kafe instagenic ini mempunyai nilai seni dan menjadi lokasi yang cocok sebagai background foto dengan gaya vintage yang cozy nih Okezoners.

Memiliki arsitektur dan gaya zaman kolonial, lokasi ini sering menjadi incaran para pecinta fotografi. Dengan mempertahankan gaya bangunan lama yang selaras di sekitarnya, kalian bisa foto-foto.

Baca juga: 3 Kafe ala Drama Korea Langganan Anak Gaul Jakarta

Alasan lainnya tentu untuk menambah feed instagram dan sosial media Okezoners menjadi makin cantik dan instagramable.

Taman Belakang Museum Sejarah Jakarta

Dikenal dengan nama lain Museum Fatahillah, bangunan bersejarah ini dahulu merupakan Balai Kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712.

Selain menyediakan informasi tentang perjalanan sejarah kota Jakarta, bangunan museum ini juga merupakan lokasi atau spot foto yang menarik dan klasik.

ilustrasi

IG @disparekrafdki

Apalagi bagian belakang taman Museum Sejarah Jakarta ini memiliki arsitektur bangunan abad 17 dengan gaya barok klasik.

Lorong-lorong dan taman di Museum Sejarah ini pun menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan latar foto dengan menampilkan kesan yang dramatis apalagi dipadukan dengan outfit gaya retro atau vintage.

Cafe Batavia

Cafe atau restoran ini berada di Jalan Pintu Besar Utara No. 14 atau tepat berada di seberang Museum Fatahillah. Bangunan tua yang berusia lebih dari 200 tahun ini menjadi salah satu bangunan yang mencolok di antara bangunan lainnya di kawasan kota tua.

Lokasi yang strategis dengan mengusung konsep cafe vintage, Cafe Batavia ini menjadi langganan spot foto yang wajib saat berada di kawasan Kota Tua.

Bangunan depan cafe tersebut ditata seperti teras-teras pertokoan Eropa lengkap dengan ornamen cantik dan klasik khas nuansa kolonial.

Bangunan tertua kedua setelah Museum Fatahillah ini dibangun pada tahun 1837. Dengan berfoto dilatari bangunan Cafe Batavia ini seakan Okezoners terlempar ke masa lalu pada saat zaman kolonial dan nuansa Jakarta tempo dulu.

Jembatan Kali Besar

Untuk mendapatkan hasil foto yang cantik dan keren dengan landscape bangunan klasik Jakarta tempo dulu, Kawasan Kota Tua yang satu ini tidak boleh Okezoners lewatkan.

Jembatan Kali Besar saat ini menjadi lokasi yang sedang hits dan sering dijadikan spot foto yang wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke kawasan Kota Tua.

Setelah direvitalisasi, desain dari jembatan dan kawasan Kali Besar ini terinspirasi dari sungai Cheonggyecheon yang berada di Seoul, Korea Selatan.

Spot foto yang menarik dari kawasan ini adalah taman apung dan jembatan. Bangunan di sekitaran Kawasan Kali Besar ini juga masih klasik dan mempertahankan gaya bangunan kota tua yang khas.

Toko Merah Kali Besar

Masih berada di lokasi yang sama di sekitaran Kali Besar Kota Tua. Bangunan ini mempunyai warna merah muda yang mencolok di antara bangunan lain sehingga mudah untuk dikenali.

Bangunan gedung yang terletak di Jalan Kali Besar Barat No. 107 ini dahulu merupakan kediaman seorang Gubernur Jenderal VOC bernama Willem Baron Van Imhof.

Toko merah menjadi lokasi di kawasan kota tua yang populer sebagai titik atau spot foto yang instagramble.

Arsitektur zaman kolonial dari bangunan yang berdiri pada tahun 1730 ini dapat dilihat dari jendela-jendela yang besar dan tinggi.

Jangan lupakan Toko Merah menjadi lokasi hunting foto bagi Okezoners saat berada di Kota Tua dan rasakan feel nuansa Kota Jakarta tempo dulu di kawasan ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini