Wisatawan Mulai Berdatangan ke Lembang, Petugas Siapkan Langkah Antisipasi

Adi Haryanto, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 406 2300757 wisatawan-mulai-berdatangan-ke-lembang-petugas-siapkan-langkah-antisipasi-JAH6f0i3wn.jpg Suasana jalan raya menuju wisata Lembang. (Foto: Adi Haryanto/Sindo)

WISATAWAN lokal maupun dari luar daerah mulai terlihat memadati sejumlah tempat wisata di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (28/10/2020). Itu terlihat dari arus kendaraan yang mulai mengalami kepadatan khususnya dari arah Jalan Setiabudi Bandung menuju pusat kota Lembang.

"Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang ini terpantau ramai lancar karena wisatawan sudah mulai berdatangan," terang Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah.

Selain fokus kepada pengaturan arus kendaraan pihaknya juga turut melakukan penertiban wisatawan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Ini dikarenakan libur panjang kali ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga wisatawan tetap harus melindungi diri, keluarga, dan orang lain dari kemungkinan terpapar virus ini.

 lembang

"Makanya kami juga imbau kepada wisawatan yang akan masuk ke beberapa lokasi wisata, untuk menjaga jarak dan tidak berebut masuk di pintu loket," imbuhnya.

Baca Juga: Farm House Lembang, Tempat Wisata di Bandung Incaran Keluarga Milenial

Dirinya memprediksi pada siang hari di libur panjang hari pertama volume kendaraan akan semakin meningkat. Bila terjadi kepadatan pihaknya bakal menerapkan oneway disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Kalau untuk pengalihan arus ke jalan alternatif saat ini agak sulit dilakukan karena ada beberapa ruas jalan yang sedang diperbaiki.

 lembang

Disinggung soal puncak kunjungan wisatawan, Susanti menyebutkan kemungkinan akan terjadi pada Jumat. Sebab banyak wisatawan yang berwisata di kota terlebih dahulu baru ke Lembang dan pulang Minggu. "Puncak kunjungan wisatawan diprediksi Jumat nanti, karena biasanya wisatawan menginap sampai Minggu. Kalau oneway diterapkan jika ada antrean panjang, biasanya satu jalur dibuka dan satu ditutup selama 10-15 menit," terangnya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini