Berwisata ke Gunung Tangkuban Parahu, Pas Dikunjungi Bersama Keluarga

Wiji Adinda Putri, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 408 2300765 berwisata-ke-gunung-tangkuban-parahu-pas-dikunjungi-bersama-keluarga-uCHjQf4Hna.jpg Gunung Tangkuban Parahu. (Foto: Instagram/@

TERKENAL akan sebuah legenda, tempat wisata satu ini menjadi banyak incaran wisatawan saat ke kawasan Bandung Barat. Apalagi kalau bukan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu.

Taman wisata alam ini berawal dari kisah legenda Sangkuriang. Gunung Tangkuban Parahu konon adalah hasil bentukan dari perahu yang terbalik.

“Perahu yang terbalik inilah yang dalam Bahasa Sunda disebut Tangkub, menjadi cikal bakal nama gunung yang kini dikenal bernama Tangkuban Perahu,” tertulis dalam website resmi pengelola Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu.

Baca Juga: Wisatawan Mulai Berdatangan ke Lembang, Petugas Siapkan Langkah Antisipasi

 tangkuban

Untuk menuju ke lokasi wisatanya memerlukan menempuh jarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari Pusat Kota Bandung dengan total sekitar 30 kilometer. Kini TWA Tangkuban Parahu sudah ramai dengan beragam aktivitas dan dipenuhi para penjaja souvenir atau oleh-oleh khas objek wisata tersebut.

Kalau tiba di puncak TWA Tangkuban Parahu, Anda bisa menikmati pemandangan gunung serta kawah-kawah yang terhampar. Terdapat 4 kawah yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Upas, dan juga Kawah Baru.

Kawah Ratu menjadi kawah yang paling ikonik atau utama, karena memiliki ukuran yang lebih besar dari yang lainnya, serta kawah pertama yang akan tersorot oleh para wisatawan. Kedalamannya mencapai 500 meter dari permukaan kawah. Nah, untuk ketiga kawah lainnya itu untuk menikmatinya, harus menyusuri area Tangkuban Perahu dengan jarak sekitar 1-1,5 Km.

Bau menyengat khas belerang beserta udara sejuk pun menyambut wisatawan setibanya di bibir kawah Gunung Tangkuban Perahu. Puas berfoto dan menyusuri kawasan kawah, lanjut menikmati aktivitas outbond ataupun menengok flora dan fauna yang ada.

Jumlah permainan yang ada pada area outbond sebanyak 33 jenis yang beragam. Serunya di sini dari umur 3 tahun hingga dewasa pun boleh menikmatinya. Jadi bisa seru-seruan bareng keluarga. Kalau yang hanya ingin bersantai, mengenal berbagai jenis flora dan fauna juga bisa.

Kini juga sudah banyak lahan yang disediakan sebagai background bagi yang ingin mengabadikan momennya. Saat di pelataran kawah pun akan ada beberapa pedagang keliling yang akan menawarkan jasa fotonya, dan mereka akan memberikan arahan spot mana saja yang indah untuk mengambil gambar yang sempurna.

Bagi yang ingin berkunjung ke TWA Tangkuban Parahu baiknya menyiapkan perlengkapan seperti jaket atau syal, serta uang saku lebih. Sebab harga tiket masuknya dikenakan sebesar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu per orang, dan belum termasuk biaya kendaraan. Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu beroperasi dari pukul 07.00-17.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini