10 Kuliner Khas Indonesia Sering Jadi Santapan Wisatawan, Apa Saja?

Chotimah, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 301 2301113 10-kuliner-khas-indonesia-sering-jadi-santapan-wisatawan-apa-saja-q0ET3hcXfI.jpg Ilustrasi kuliner khas Indonesia (Pixshark)

INDONESIA adalah surga kuliner dengan berbagai rasa. Banyak restoran hingga warung sederhana di pinggir jalan menawarkan beragam makanan lezat, banyak di antaranya menggunakan bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan rasa. Hidangan yang menggiurkan akan membuat Anda ketagihan.

Kuliner-kuliner khas nusantara yang populer seperti rendah, bakso, sate sering menjadi santapan warga termasuk wisatawan atau traveler yang menikmati keindahan alam serta keunikan budaya Tanah Air.

Baca juga: Liburan ke Flores, Jangan Lupa Cicipi 6 Kuliner Tradisional Ini

Melansir dari Indonesia.Travel, ini 10 kuliner nusantara yang sangat populer dan wajib dicoba saat berwisata di Indonesia :

1. Rendang di Padang

Rendang kuliner asal Sumatera Barat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Daging sapinya yang empuk dimasak dengan sempurna dengan bumbu dan rempah yang beraroma. Karena teksturnya yang kenyal dan keseimbangan rempah yang sempurna, rendang menjadi favorit para wisatawan.

ilustrasi

Rendang (shutterstock)

Legenda mengatakan bahwa orang Minangkabau membawa hidangan ini dalam perjalanan jauh. Mereka membutuhkan makanan yang bisa diawetkan secara tradisional dan tidak kehilangan rasa dan kesegarannya.

Baca juga: 10 Kuliner Khas Sumbar Bikin Lidah Bergoyang, Mana Kesukaanmu?

Oleh karena itu, masyarakat Minangkabau biasa memasak daging sapi dengan bumbu tradisional dan santan selama sekitar 7-8 jam, cara konvensional mengawetkan daging dengan tetap menjaga rasa gurihnya tetap utuh.

2. Pempek di Palembang

Pempek merupakan hidangan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Memiliki lapisan luar yang garing dan tekstur kenyal yang lembut, masakan lezat ini disajikan dengan kuah asam manis yang disebut kuah cuko . Menu pendamping pempek yang biasa adalah irisan ketimun dan mie.

ilustrasi

Pempek (Okezone)

Konon jajanan renyah ini berawal saat seorang warga di Palembang membuat resep baru dengan cara membumbui daging ikan yang dihaluskan dengan tapioka dan digoreng. Ketika dia menyadari betapa lezatnya itu, dia mengayuh sepedanya melalui desanya untuk menjual hidangan ini.

Tak lama kemudian, pempek menjadi camilan populer dan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Meski banyak warung yang menjual hidangan ini, tempat yang populer untuk membelinya adalah dari Pempek Permen di Palembang.

3. Ketoprak di Jakarta

Populer dijual di jalanan Jakarta , ketoprak dianggap sebagai rujak tahu. Terdiri dari tahu goreng, telur rebus, ketupat atau lontong, bihun, tauge, kol dan mentimun. Ditaburi dengan saus kacang yang gurih dan kecap manis serta taburan bawang merah goreng dan kerupuk. Rasa manis pedas dari kuah dan sedikit garam dari tahu gorengnya melengkapi hidangan ini. Ini harus dicoba ketika Anda mengunjungi Jakarta.

Konon hidangan ini muncul ketika seorang pria yang hanya makan kue beras dan tauge untuk dimakan, memutuskan untuk menikmati apa yang dimilikinya. Jadi dia menumbuk beberapa kacang tanah, bawang putih dan cabai serta menambahkan air untuk membuat saus yang kental. Dia menambahkan bumbu kacang ini ke bahan sederhana dan menciptakan ketoprak , makanan jalanan terkenal di Indonesia.

4. Siomay di Bandung

Dijual hampir di semua tempat di Indonesia, siomay adalah jajanan pinggir jalan sederhana yang harus dicoba setiap orang setidaknya sekali seumur hidup. Ini sangat populer di Bandung, Jawa Barat. Mirip dengan masakan Cina shaomai, siomay terdiri dari pangsit ikan kukus dengan tekstur yang kenyal.

Namun, siomay disajikan dengan bahan yang berbeda termasuk irisan kentang, pare, kubis gulung dan tahu. Disertai dengan sambal kacang yang gurih.

5. Gudeg di Yogyakarta

Gudeg adalah sajian manis ikonik Yogyakarta . Terbuat dari nangka mentah atau gori yang dipadukan dengan santan kental dan gula aren. Untuk mendapatkan cita rasa gudeg yang autentik orang sering memasaknya dalam panci tanah liat di atas api kayu atau arang.

ilustrasi

Gudeg (IG @restyamalia1)

Camilan lezat ini sering disajikan dengan bumbu seperti ayam, telur rebus, tempe, tahu dan sambal krecek atau kulit sapi renyah dengan sambal. Gudeg biasanya dijual di jalanan Yogyakarta, tetapi tempat paling terkenal untuk membeli gudeg adalah Wijilan dan Barek.

6. Nasi Liwet di Solo

Berasal dari kota Surakarta , nasi liwet adalah hidangan nasi berbumbu nikmat yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, daun salam dan serai. Hidangan Indonesia ini terdiri dari nasi lembut beraroma dengan suwiran ayam, telur dadar, cabai dan aneka sayuran.

Banyak warung pinggir jalan di Solo yang menjual nasi liwet dan menyajikannya dengan aneka masakan seperti tempe atau telur pindang (telur rebus kecap dengan potongan bawang merah). Disajikan dibungkus dengan daun pisang atau jati.

7. Lumpia di Semarang

Semarang terkenal dengan makanannya yang lezat, termasuk hidangan khasnya yang disebut lumpia . Hidangan pembuka ini terinspirasi dari lumpia Cina tetapi dimodifikasi dengan rasa otentik dari Semarang. Lumpia menawarkan cita rasa Indonesia dalam isinya dengan bahan-bahan seperti rebung, ayam cincang, telur dadar, ebi atau udang kering yang dimasak dengan bumbu yang sempurna.

ilustrasi

Lumpia (Okezone.com/Leo)

Lumpia memiliki lapisan luar yang tipis dan renyah dengan isian sayur yang manis gurih di dalamnya. Disajikan dengan saus khusus, bumbu yang sempurna untuk menyertainya.

8. Rawon di Surabaya

Rawon , semur daging sapi yang enak adalah sajian terkenal Surabaya . Jamu tradisional seperti serai, cabai, jahe, daun jeruk dan kluwek atau kacang hitam ditambahkan ke daging empuk yang direbus perlahan. Kluwek inilah yang memberikan rasa yang kaya dan warna hitam yang unik pada hasil rebusannya. Dikatakan bahwa rawon pada awalnya adalah hidangan kampungan tetapi kelezatannya yang nikmat menjadi populer di kalangan bangsawan Indonesia.

9. Bakso di Malang

Disajikan dengan bakso dan pangsit goreng dengan kuah hangat yang nikmat, bakwan Malang merupakan hidangan khas Indonesia yang cocok untuk musim hujan. Berasal dari Malang , hidangan ini telah diadaptasi dari tradisi Indonesia-Tionghoa dan terbuat dari daging sapi atau bakso ayam.

Hidangan makanan yang menenangkan ini terkadang termasuk bihun, bawang hijau dan bawang merah goreng. Kecap manis dan sambal juga disajikan bagi pelanggan yang ingin menambah cita rasa makanan mereka. Restoran terkenal yang menyajikan bakso terbaik Malang adalah Bakso President Malang.

ilustrasi

Ilustrasi bakso

10. Sate Lilit di Bali

Bali tidak hanya dikenal dengan pantainya yang eksotis tetapi juga dengan makanan lezatnya yang menggugah selera. Salah satu makanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima di Bali adalah sate lilit , jajanan kaki lima khas Indonesia yang terbuat dari daging cincang. Hidangan ini dapat dibuat menggunakan berbagai jenis daging tetapi daging babi adalah bentuk yang paling populer digunakan.

Bumbu dan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, cabai dan daun jeruk ditambahkan untuk memberikan rasa pedas yang segar. Hidangan Indonesia ini harus dicoba ketika Anda mendapat kesempatan untuk mengunjungi Bali.

Setiap gigitan makanan Indonesia penuh dengan cita rasa Indonesia yang eksotis. Ini menggabungkan bahan-bahan terbaik dari alam dengan cerita-cerita komunitas lokal dan menawarkan pengalaman kuliner yang sempurna. Temukan rasa makanan Indonesia yang luar biasa dan Anda akan mengerti mengapa makanan ini disukai oleh banyak orang. Jadi, ingin mencoba makanan asli Indonesia?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini