Libur Maulid Nabi, 1.000 Lebih Wisatawan Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 406 2301270 libur-maulid-nabi-1-000-lebih-wisatawan-kunjungi-taman-margasatwa-ragunan-2ROKxlQabo.jpg Petugas memberi makan jerapah di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Okezone.com/Heru)

JUMLAH kunjungan wisatawan lokal di Taman Margasatwa RagunanJakarta Selatan mencapai 1.000 orang lebih, Kamis (29/10/2020), bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Ini merupakan angka rekapan per pukul 11.00 WIB tadi.

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana kepada Okezone melalui telepon.

"Sejauh ini yang jelas sudah mulai ada peningkatan dibandingkan hari biasa di masa transisi PSBB. Peningkatannya lumayan. Tapi memang jumlahnya tidak sebanyak di akhir pekan," katanya.

Baca juga: 30 Ribu Wisatawan Diperkirakan Kunjungi TMII saat Libur Panjang Akhir Oktober

Taman Margasatwa Ragunan jadi salah satu lokasi favorit dikunjungi warga di Jakarta dalam mengisi libur panjang cuti bersama sejak 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Sejak dibuka kembali pada 12 Oktober, Taman Margasatwa Ragunan membatasi pengunjung hanya 25% dari kuota harian normal sebelum pandemi Covid-19, atau sekitar 2.000 orang per hari.

Selama PSBB Transisi, loket masuk Ragunan ditutup pukul 14.00 WIB. Sementara area wisata hanya beroperasi sampai pukul 15.00 WIB. Pembatasan jam operasional ini berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan, terlebih wisatawan harus reservasi online terlebih dahulu.

"Biasanya kalau sudah agak siang, peningkatanya tidak seberapa dan tidak akan signifikan. Karena biasanya berdasarkan data kami, mulai jam 11 keatas kunjungan sudah mulai menurun. Paling banyak itu akhir pekan, hari Minggu biasanya sudah mendekati 2 ribu kunjungan," jelas Ketut.

Baca juga: Kembali Dibuka, Ini 11 Protokol Pendakian Gunung Gede Pangrango

Di momen liburan panjang kali ini, Ketut mengatakan sebagian besar wisatawan yang menyambangi Ragunan ternyata lebih banyak untuk berolahraga.

"Kira-kira 30-40% pengunjung yang datang ke Ragunan itu untuk berolahraga. Mungkin karena lagi musim sepeda juga. Ada juga segmen keluarga tapi tidak terlalu banyak," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini