Jalan-Jalan Keliling Madiun Naik Bus Listrik, Seru Loh

Arif Wahyu Efendi, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 406 2302154 jalan-jalan-keliling-madiun-naik-bus-listrik-seru-loh-jmUSDuBuyZ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SELAIN handal memproduksi kereta api, PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) sukses memproduksi bus listrik. Moda ramah lingkungan tersebut bakal jadi bus wisata perkotaan.

Inilah Inobus, bus listrik dari PT INKA yang berpusat di Kota Madiun, Jawa Timur. Bus ini menggunakan baterai sebagai sumber energi, sehingga tak menimbulkan polusi.

Sebagai bus wisata perkotaan, ukuran bus hanya sepanjang 8 meter, dilengkapi dengan pintu sisi kanan, tengah maupun kiri. Interiornya pun cukup nyaman dengan tempat duduk yang tidak berhimpitan.

 

Menurut Direktur Pengembangan PT INKA Agung Sedayu, bus listrik ini dibuat atas kerja sama dengan Trone E Taiwan dan Karoseri Piala dari Malang. Bus ini dibuat merogoh kocek Rp2 miliar.

"Setiap pengisian baterai, dibutuhkan waktu sekira 4 jam dengan penggunaan 200 km," ucap Agung.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi langsung turut menguji coba bus listrik. Menurutnya, bus ini cukup nyaman dan ramah lingkungan.

"Bus cukup nyaman dan ramah lingkungan. Nanti rencana pesan bus model khusus," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini